Sukses

Hentikan Penyebaran Hoaks Covid-19 dengan Cara Sederhana Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kemunculan Covid-19 disinformasi dan misinformasi di media sosial timbul bahkan memunculkan rasa panik yang tidak perlu. Penyebaran informasi hoaks yang berlebihan terkait penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini  pun membuat seluruh dunia khawatir.

Informasi hoaks yang tidak jelas ini menyebabkan munculnya berbagai spekulasi di publik. Hal ini diperburuk dengan penyebaran informasi yang tidak terverifikasi tentang tentang wabah Covid-19.

Untuk menghentikan penyebaran hoaks seputar Covid-19 pun perlu beberapa tindakan.

Dilansir dari theconversation.com, penyebaran misinformasi dan disinformasi medis adalah dua komponen membutuhkan penanganan pemerintah secepatnya karena dapat menyesatkan. Informasi yang tidak akurat tentang vaksin dan Covid-19 membutuhkan rencana penanganan yang matang, agar kondisi tidak bertambah parah.

Namun upaya pemerintah tersebut akan sia-sia, jika masyarakat menolak menahan penyebaran misinformasi dan disinformasi di ruang publik.

Masyarakat bisa membantu menghentikan penyebaran hoaks Covid-19 dengan melakukan verifikasi terhadap informasi yang didapatkan, khususnya yang disebarkan di media sosial.

Cara paling mudah untuk mengkonfirmasi informasi dengan menggunakan mesin pencarian Google terkait isu tersebut dan menganalisisnya dari beragam sumber.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut