Sukses

6 Langkah Menyanggah Informasi Salah Seputar Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar vaksin Covid-19 menjadi perhatian sejumlah orang, sebab banyak yang berharap pada penangkal penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 tersebut.

Informasi tersebut pun tidak seluruhnya benar, informasi yang salah akan menimbulkan keraguan terhadap vaksin Covid-19, saat kebohongan menyebar di sekitar Anda maka penting untuk menyanggahnya.

Dikutip dari firstdraftnews.org, berikut 6 langkah untuk menyanggah informasi salah seputar vaksin Covid-19.

1. Jangan berikan informasi buruk lebih banyak eksposure.

2. Hindari menimbulkan rasa takut.

3. Ingatlah bahwa banyak orang yang ragu akan vaksin membenci jarum suntik.

4. Tekankan kkeamanan tinggi daripada risiko rendah.

5. Hindari citra jarum suntik, darah, benda tajam.

6. Targetkan masyarakat umum, bukan penyangkal vaksin vokal.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut