Sukses

Simak Foto Hoaks Terbaru, dari Hewan Tanda Kiamat sampai Planet Venus

Liputan6.com, Jakarta Informasi hoaks yang beredar di media sosial beragam bentuknya, salah satunya adalah foto. Biasanya, foto yang dijadikan bahan informasi hoaks disajikan dengan keterangan yang tidak sesuai fakta sebenarnya atau telah mengalamai editan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi berbentuk foto, hasilnya informasi tersebut terbukti tidak benar alias hoaks.

Berikut foto hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Legenda WWE Beri Dukungan untuk Petani India

 

Klaim Undertaker dukung petani di India. (Facebook)

Pada 9 Februari 2021, pemilik akun Facebook Laatsahab Sanju Gujjar Jsp mengunggah tangkapan layar dari Twitter legenda gulat WWE Undertaker. Disebutkan kalau Undertaker mendukung petani di India.

Akun Laatsahab Sanju Gujjar Jsp juga mengucapkan terima kasih kepada legenda WWE Undertaker dengan narasi sebagai berikut:

"Terima kasih Undertaker atas dukungannya #FarmerProtest"

Kemudian, dalam tangkapan layarnya yang diklaim milik Undertaker ada tulisan dengan narasi:

"We cannot even think of our healthy body without the crops grown by the farmers. Respect and support the farmers. #FarmerProtest"

Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Kami tidak dapat mendapat tubuh yang sehat tanpa tanaman yang ditanam oleh para petani. Hormati dan dukung petani. #FarmerProtest"

Lalu, benarkah legenda gulat WWE Undertaker memberikan dukungan kepada petani India? Simak penelusurannya di sini

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim legenda gulat WWE Undertaker memberikan dukungan kepada petani India merupakan informasi yang tidak benar. Kicauan Undertaker di Twitter sudah dimanipulasi.

 

2. Foto Terjelas dari Permukaan Planet Venus

Klaim Foto Terjelas dari Permukaan Planet Venus. (Facebook)

Sebuah gambar dibagikan ratusan netizen Facebook dengan klaim sebagai foto terjelas yang pernah diambil dari permukaan Venus, planet kedua terdekat Matahari.

Salah satu netizen yang mengunggah foto itu adalah Llys Chan. Dia meyakini kalau foto itu merupakan gambar terjernih yang diambil dari Venus.

Begini narasinya:

"Hanya ini foto yang jelas. Pernah diambil dari permukaan Venus. Fakta Sumber Ilmu."

Kemudian, di foto unggahannya ada tulisan dengan narasi:

"Ini adalah satu-satunya foto yang jelas

Pernah diambil dari permukaan Venus."

Lalu, benarkah itu merupakan foto terjelas yang pernah diambil dari permukaan Venus? Simak penelusurannya di sini

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, gambar yang diklaim sebagai foto terjelas yang pernah diambil dari permukaan Venus merupakan informasi yang salah.

Faktanya, gambar itu awalnya berwarna hitam putih, hasil dari penggabungan data citra mentah dari pesawat luar angkasa Soviet yang dikirim ke Venus dengan menggunakan perangkat lunak untuk mengedit gambar. Kemudian, foto itu diedit lagi oleh netizen dengan warna yang terlihat berwarna kuning.

 

3. Foto Penampakan Dabbah Hewan Tanda Kiamat

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim sebagai Dabbah hewan tanda kiamat.

Klaim foto penampakan Dabbah hewan tanda kiamat diunggah akun Facebook Wawan Gunawan, pada 4 Februari 2021.

Unggahan tersebut berupa tautan artikel berujudul "Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Ini Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn" yang dimuat situs sebarinfoviral.me.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Ini Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn"

Dalam artikel tersebut memuat foto sosok berbadan merah yang terlihat memiliki sayap yang menjadi satu dengan tubuhnya dari leher hingga kaki.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Dabbah hewan tanda kiamat

Benarkah klaim foto Dabbah hewan tanda kiamat? Simak penelusurannya di sini

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto penampakan Dabbah hewan tanda kiamat tidak benar.

Hewan tersebut adalah kubung sunda  sering disebut Sunda Flying Lemur, Malayan Flying Lemur, atau Sunda Colugo, satu dari dua spesies anggota keluarga Cynocephalidae disamping kubung filipina (Cynocephalus volans).

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut