Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Anies Baswedan Selfie saat Banjir dalam Foto Ini

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto atau selfie di tengah banjir.

Foto Anies Baswedan selfie saat banjir diunggah akun Facebook Surkim, pada 17 Februari 2021.

Foto tersebut menampilkan Anies Baswedan selfie saat banjir menggunakan jaket berwarna merah dengan mengangkat tangan kiri sambil memegang ponsel berlatarbelakang banjir dan terdapat dua ekor anjing.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pak Anies sengaja mengabadikan sampah kemasan sabun cair yg hanyut di buang warga....itu bisa fatal...bisa mengakibatkan banjir..."

Benarkah foto Anies Baswedan selfie saat banjir? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir, dengan menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir,

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Anies dan Bima Cengar-Cengir di Katulampa Ditengah Banjir Jakarta, Pemkot: Hoaks" yang dimuat situs ayobogor.com, pada 2 Januri 2020.

Artikel situs ayobogor.com, memuat foto Anies Baswdan dan Wali Kota Bogor Bima Arya dengan latarbelakang pintu air Katulampa, Bogor.

Artikel situs ayobogor.com menyebut, dalam foto tersebut terlihat Anies Baswedan dan Bima Arya tengah berswafoto di pinru air Katulampa, Bogor Timur.  Foto tersebut diambil saat kunjungan Anies ke Kota Bogor pada 12 Februari 2018.

Penulis: Husnul KhatimahEditor : Dadi Haryadi

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir,

 

Anies Baswedan dalam foto tersebut identik dengan klaim foto, adapun kesamaan yang terdapat dalam foto tersebut adalah ekspresi Anies, jaket yang dikenakan, ponsel dan tangan kiri yang diangkat. Sedangkan perbedaannya adalah latarbelakang foto Anies, dalam foto artikel ayobogor.com latarbelakang pintu air Katulampa, Bogor. Sedangkan foto klaim adalah banjir dan terdapat dua ekor anjing.

 

Foto hasil penelusuran

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir,

Foto klaim

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir

Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir

 

Penelusuran mengarah pada situs me.me, situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim, foto tersebut merupakan meme yang menampilkan dua anjing di tengah banjir yang menjadi latar belakang Anies dalam klaim foto.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim foto Anies Baswedan selfie saat banjir tidak benar.

Foto tersebut telah mengalami manipulasi, penggabungan dari dua foto yang berbeda.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.