Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Anies Baswedan Raih Juara 1 Lomba Mewarnai

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang mengklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih juara 1 lomba mewarnai.

Klaim foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih juara 1 lomba mewarnai diunggah akun Facebook チャームシギ, pada 24 Januari 2021.

Foto yang diunggah menampilkan Anies sedang memegang piala di tangan kana bertuliskan "Juara 1" dan tangan kiri memegang foto bangunan dengan atap warna-warni.

Dalam foto tersebut juga terdapat dua orang anak yang memegang gambar sebuah rumah. Dengan latar belakang tulisan "LOMBA MEWARNAI".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"gabener level paud...."

Benarkah klaim foto Anies meraih juara 1 lomba mewarnai? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies meraih juara 1 lomba mewarnai, dengan menjadikan foto klaim sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies meraih juara 1 mewarnai

 

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya artikel berjudul "Pamer Tiga Piagam Sekaligus, Anies Baswedan Bicarakan Masa Depan Digital DKI Jakarta" yang dimuat situs bekasi.pikiran-rakyat.com, pada 25 Desember 2020.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Anies Baswedan Bicarakan Masa Depan Digital DKI Jakarta. /Instagram/@aniesbaswedan"

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies meraih juara 1 mewarnai

 

Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim, kesamaan tersebut terdapat pada ekspresi muka Anies, medali bertali biru yang dikalungkan di leher Anies dan baju batik yang dikenakan Anies.

 Sedangkan perbedaannya terdapat pada piala di tangan kanan piagam di tangan kiri dan latarbelakangan Anies berdiri yang tidak terdapat tulisan "LOMBA MEWARNAI", serta dua anak yang berada di sisi kanan Anies.

Berikut perbandingannya:

 

Foto klaim

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies meraih juara 1 mewarnai

 

Foto hasil penelusuran

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies meraih juara 1 mewarnai

 

 

Situs bekasi.pikiran-rakyat.com menyebutkan, foto tersebut berasal dari akun Instagram resmi Anies Baswedan @aniesbaswedan.

Penelusuran dilanjutkan dengan mengunjungi akun Instagram @aniesbaswedan, dalam akun tersebut Cek Fakta Liputan6.com menemukan foto yang identik dengan klaim, foto tersebut diunggah akun Instagram resmi Anies Baswedan @aniesbaswedan, pada 20 Desember 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies meraih juara 1 mewarnai

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Alhamdulillah, DKI Jakarta kembali meraih penghargaan, kali ini dari TOP Digital Awards 2020 pada hari Selasa (22/12). Kita memenangkan penghargaan untuk tiga kategori, yaitu Top Digital Implementation 2020 on Province Government Level Stars 5, Top Digital Transformation Readiness 2020 dan Top Leader on Digital Implementation 2020.

Kami bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan Top Digital Awards 2020 kepada Pemprov DKI Jakarta. Ini merupakan hasil dari kerja kolosal dan kolaborasi banyak pihak di balik layar yang terlibat dalam membangun ekosistem digital Jakarta.

Kita semua menyadari bahwa adanya pandemi dan krisis yang kita rasakan ini sesungguhnya adalah perubahan yang dipercepat. Alat yang biasa kita gunakan sehari-hari kini dimanfaatkan secara optimal dalam komunikasi jarak jauh untuk mencegah penularan. Transformasi digital terjadi di mana-mana dan itu artinya kita harus siap mengantisipasi perubahan tersebut.

Kami di DKI Jakarta membangun super-app JAKI, Jakarta Kini untuk meintegrasikan seluruh data yang kami miliki dalam satu aplikasi digital yang dapat diakses di mana saja-kapan saja.

Kami juga meluncurkan program JakWIFI agar seluruh kegiatan yang kini mengandalkan koneksi internet dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat

Di sisi lain, transformasi digital juga kami lakukan di dalam jajaran agar sistem administrasi birokrasi dapat lebih mudah, lebih cepat dan mengedepankan prinsip good governance seperti transparan dan akuntabel.

Ke depan, transformasi digital akan terus kami lakukan dengan kebijakan berbasis kolaborasi. Kami ingin melibatkan seluruh masyarakat yang memiliki ide, gagasan, inovasi terbaik untuk berpartisipasi aktif dalam membangun kota Jakarta. Sehingga visi untuk Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya adalah visi bersama yang dicapai bersama-sama.".

 

 

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Anies meraih juara 1 lomba mewarnai tidak benar.

Foto tersebut telah direkayasa, dalam foto sebenarnya Anies memegang penghargaan Top Digital Implementation 2020 on Province Government Level Stars 5, Top Digital Transformation Readiness 2020 dan Top Leader on Digital Implementation 2020.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut