Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Perubahan Wajah Sebelum dan Sesudah Divaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19.

Klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19 diunggah Binta Wulan Lintang, pada 19 Januari 2021.

Foto yang diunggah menampilkan dua wanita dengan wajah yang terlihat muda di sebelah kiri disertai dengan tulisan "Sebelum" dan wajah wanita nampak tua dan keriput pada sebelah kanan dengan tulisan "Sesudah". Di antara foto tersebut terdapat tulisan "VAKSIN"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Cebong pasti siap utk di vaksin Sinovac. Malu dong jadi cebong kalau sampai gk mau di vaksin?? ..."

Benarkah klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19, dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Buat yang hobi belanja online pasti pernah ngalamin nih!" yang dimuat situs brilio.net, pada 11 Juni 2020.

Artikel situs brilio.net mengulas tentang meme seputar belanja online. Dalam artikel tersebut terdapat terdapat foto yang identik dengan kalim.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Ilustrasi Kocak Risiko Beli Online, Penampakannya Bikin Ngakak" yang dimuat situs hitekno.com, pada 25 Mei 2019. Artikel tersebut mengulas tentang ilustrasi kocak ini menggambarkan netizen yang apes saat jual beli online, salah satunya identik dengan foto klaim.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "ส่องสไตล์การแต่งตัวเจ้าแม่นาคี ใน “นาคี 2”" yang dimuat situs hairworldplus.com, artikel tersebut mengulas foto pemeran film "Nakee 2" yang ditayangkan di layar perak Thailand. Salah satu foto pemeran film tersebut identik dengan klaim foto wajah sebelum divaksin Covid-19.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19 tidak benar.

Foto tersebut beredar sebelum progam vaksinasi Covid-19 dimulai, pada 13 Januari 2021. 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut