Sukses

Cek Fakta: Benarkah Teleskop Hubble Berhasil Foto Bintang Natal? Simak Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Netizen di Facebook ramai membicarakan sebuah foto yang menggambarkan luar angkasa. Foto luar angkasa ini diklaim ditangkap oleh Teleskop Hubble sebagai 'Bintang Natal'.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah foto 'Bintang Natal' berhasil difoto oleh Teleskop Hubble adalah Terri Rank-Hall. Dia mengunggah itu pada 25 Desember 2020.

Begini narasi yang ada di foto unggahan Terru Rank-Hall:

"Bintang Betlehem diambil oleh Hubble - WOW !!"

Sementara pengguna Facebook lainnya mengunggah foto yang sama dengan narasi: "Teleskop Hubbel memfoto Bintang Natal. Luar biasa dan tidak bisa digambarkan dengan apapun."

Lalu, benarkah itu foto Bintang Natal yang berhasil di foto Teleskop Hubbe?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim netizen Facebook, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Image. Sesuai hasil penelusuran, foto yang identik berhasil ditemukan di beberapa penyedia foto ilustrasi, seperti iStockPhoto hingga Getty Images.

Di situs Getty Images, foto itu diberi judul: "Glowing Star Stock Vector Space Background - stock vector."

Dalam narasinya, Getty Images memberikan beberapa penjelasan untuk foto ilustrasi bintang tersebut, yakni:

"Ilustrasi vektor stok ini menonjolkan ruang dengan bintang terang sedikit di sisi atas. Ini adalah kombinasi dari bintang jauh kecil dengan refraksi cahaya silang yang menggabungkan warna-warna cerah, termasuk biru dan putih cerah. Penggunaan pantulan dan nada menggambarkan kesan kedalaman. Gambar memiliki nada warna-warni yang memutih."

Sementara di iStock Photo, ilustrasi foto ini sudah berada di situs tersebut sejak 1 Juni 2015. Artinya, foto yang diklaim sebagai 'Bintang Natal' itu tidak diambil dalam beberapa hari ke belakang.

Bahasan dengan klaim seperti ini juga dipublikasikan oleh USA Today dalam artikel berjudul: "Fact check: Viral photo of star is an illustration and wasn't taken by the Hubble telescope". Artikel ini dipublikasikan pada 24 Desember 2020.

Artikel ini mengambil penjelasan dari Astronom Universitas Rice Patrick Hartigan. Dia menegaskan tidak mungkin Bintang Natal bisa difoto dengan sangat cemerlang seperti klaim netizen.

"Orang-orang harus sedikit memahami. Untuk menyaksikan konjungsi kedua planet tidak mungkin tiba-tiba terlihat secemerlang itu," katanya.

Perhatikan perbandingan foto di bawah ini:

 

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut teleskop Hubble berhasil memfoto Bintang Natal adalah salah. Faktanya, itu merupakan foto ilustrasi yang bisa ditemukan di situs penyedia gambar seperti Getty Images hingga iStock Photo.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: