Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Starbucks Indonesia Bagi-Bagi Termos Kopi

Disebutkan kalau Starbucks Indonesia membagikan 2.000 termos kopi secara gratis demi merayakan hari ulang tahun mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah pesan berantai yang mencatut nama gerai kopi, Starbucks Indonesia. Disebutkan kalau perusahaan ini membagikan 2.000 termos kopi secara gratis.

Pesan berantai yang menyebut Starbucks Indonesia membagikan 2.000 termos kopi secara gratis berseliweran di WhatsApp Group. Begini narasinya:

"WOW!

Perayaan ulang tahun Starbucks

Starbucks menyediakan 2.000 limited Starbucks Thermo Flask untuk semua orang

Menerima instruksi:

1. Masing-masing hanya dapat berpartisipasi sekali

2. Kuantitas terbatas, pertama datang pertama kali

3. Kegiatan kesejahteraan ini tidak memerlukan biaya apapun

Dapatkan milikmu di sini GRATIS

https://vip-j13.work/j/?c=sb"

Lalu, benarkah klaim Starbucks Indonesia bagi-bagi ribuan termos kopi secara gratis?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk memastikan klaim pesan berantai tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi pihak Starbucks Indonesia melalui surat elektronik, email. Customer Care Manager Starbucks Indonesia, Octavia Indah Rahmawati membantah pesan berantai itu berasal dari mereka.

"Starbucks Indonesia selalu mengomunikasikan kegiatan promosi melalui media resmi kami, seperti email, media sosial, SMS, website, info di gerai dan media resmi lainnya. Untuk klarifikasi ini juga sudah ada di sosial media kami," katanya membalas email Cek Fakta Liputan6.com, Selasa (8/2/2020).

Bantahan juga ditemukan Cek Fakta Liputan6.com di media sosial Starbucks Indonesia, yang mendapat centang biru dari Facebook atau terverifikasi.

Begini bantahan dari pihak Starbucks Indonesia di akun media sosial mereka:

"Starbucks Indonesia selalu mengkomunikasikan kegiatan promosi melalui media resmi kami, seperti email, media sosial, SMS, website, info di gerai dan media resmi lainnya

Untuk itu, kami mengimbau semua pihak untuk waspada dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan Starbucks Indonesia dengan tidak memberikan data pribadi dan mengalihkan dana ke rekening yang mencurigakan."

Announcement 🟢

Posted by Starbucks Indonesia on Monday, December 7, 2020
3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut Starbuck Indonesia membagikan 2.000 termos kopi secara gratis adalah hoaks. Faktanya, pesan berantai itu tidak berasal dari pihak Starbucks Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.