Sukses

Cek Fakta: Foto Prabowo Angkat Telunjuk Tak Terkait Pilkada Kalimantan Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Foto Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mengangkat jari telunjuk beredar di media sosial. Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Jamal Kasanang Kharisma pada 27 November 2020.

Akun Facebook Jamal Kasanang Kharisma mengaitkan foto Prabowo tersebut dengan dukungan terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah nomor urut 1, Ben Brahim S. Bahat-Ujang Iskandar.

"Perintah siap dilaksanakan Pak. NOMOR SATU, IJE, SIJI NUMBER ONE MENANG," tulis akun Facebook Jamal Kasanang Kharisma.

Konten yang disebarkan akun Facebook Jamal Kasanang Kharisma telah 1 kali dibagikan dan mendapat 38 komentar warganet.

Benarkah foto Prabowo terkait dukungannya terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah nomor urut 1? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Prabowo Subianto mengangkat jari telunjuk yang diklaim sebagai dukungan terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah nomor urut 1, Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar Prabowo tersebut ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang juga memuat foto serupa.

Satu di antaranya artikel berjudul "Tiba di Konser Maher Zein, Prabowo Disambut Antusias Pendukungnya" yang dimuat situs Liputan6.com pada 2 Juli 2014 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ditunggu-tunggu para pendukung dan simpatisannya, capres Prabowo Subianto akhirnya tiba di Istora Senayan, Jakarta guna menyaksikan konser penyanyi asal Lebanon, Maher Zain.

Seperti pantauan Liputan6.com, Rabu (2/7/2014), tiba sekitar pukul 21.05 WIB, Prabowo yang mengenakan kemeja batik bernuansa kuning dan berpeci hitam itu memasuki ruangan VVIP. Ia hanya menebar senyum kepada sejumlah awak media sambil sesekali melambaikan tangannya.

Namun, pasangannya Hatta Rajasa tak terlihat bersamanya. Mantan Danjen Kopassus itu hanya didampingi Wakil Sekertaris Jenderal Partai Golkar, Tantowi Yahya. Berdasarkan informasi yang diterima, Hatta terlambat hadir karena baru saja tiba dari Bandung, Jawa Barat.

Tak beberapa lama kemudian, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie yang mengenakan kemeja putih juga tiba. Sementara, Harry Tanoesoedibjo beserta istri dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anies Matta, telah berada di ruang VVIP sebelum keduanya tiba.

Sementara ribuan simpatisan dan pendukung pasangan capres nomor urut 1 itu sudah memadati kursi penonton di depan panggung. Sebagian besar dari mereka tampak kompak berpakaian serba putih. Ketika Prabowo dan elite politik lainnya memasuki arena konser, riuh tepuk tangan pun memenuhi ruangan.

"Prabowo...Prabowo," seru para pendukung Prabowo-Hatta.

Konser Maher Zain ini digagas pihak Prabowo-Hatta untuk memberikan hiburan kepada simpatisan pasangan capres nomor urut 1 itu. Namun, konser tersebut hanya dapat dinikmati 6 ribu simpatisan yang telah mendapatkan undangan resmi.

Sementara warga lain hanya dapat menyaksikan konser Maher Zain di salah satu stasiun televisi swasta yang disiarkan secara langsung.

Foto tersebut juga disertai narasi sebagai berikut:

Pasangan Prabowo-Hatta akan menggelar kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Senayan. Keduanya akan hadir di panggung terbuka pada pukul 13.05 WIB.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto Prabowo Subianto mengangkat jari telunjuk yang diklaim sebagai dukungan terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah nomor urut 1, Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut tidak ada kaitannya dengan Pilkada Provinsi Kalimantan Tengah. Foto tersebut merupakan rangkain kegiatan Prabowo saat mencalonkan diri sebagai calon presiden pada 2014 lalu. Konten yang disebarkan akun Facebook Jamal Kasanang Kharisma masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.