Sukses

Cek Fakta: Hoaks Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan akun Facebook mengatasnamakan Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali. Ada tiga akun yang memakai foto Marullah Matali.

Bahkan, salah satu akun Facebook yang mengklaim sebagai Marullah Matali memiliki 3656 pengikut.

Dua dari tigak akun Facebook yang mengklaim sebagai Marullah Matali masing-masing dibuat pada tanggal 27 Agustus 2020 dan 10 September 2020. Sedangkan satu lagi tidak menampilkan informasi.

Lalu, benarkah itu merupakan Facebook Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com memeriksa situs data.jakarta.go.id melalui fitur Jala Hoaks. Dari sana ditemukan artikel yang dipublikasikan pada 30 November 2020 dengan judul: "AKUN FACEBOOK MENGATASNAMAKAN WALI KOTA JAKARTA SELATAN, MARULLAH MATALI".

Dari situs tersebut, disimpulkan oleh Jala Hoaks, akun Facebook yang mengklaim dengan foto Marullah Matali tidak benar. Klaim Facebook yang mencatut nama Wali Kota Jakarta Selatan juga pernah muncul pada 26 Agustus 2020 lalu dengan beberapa alamat link yang berbeda.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com juga memeriksa media sosial, Instagram milik Marullah Matali, @marullahmatali.real. Dari akun tersebut, Marullah mengatakan ada banyak akun di media sosial yan mencatut namanya.

Begini bantahan dari Marullah Matali yang ada di Instagram pada 14 Oktober 2020:

"Muncul lagi dua (2) Akun facebook ini mengatasnamakan saya (Marullah Matali/Wali Kota Jakarta Selatan) dan memposting gambar-gambar seolah-olah itu Wali Kota Jakarta Selatan.

Akun ini saya nyatakan palsu dan dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan saya (Marullah Matali/ Wali Kota Jakarta Selatan).

Dimohon kepada yang sudah add friend untuk segera me-unfriend dan segala aktifitas akun tersebut di luar tanggung jawab saya.

Terimakasih atas perhatiannya."

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Akun Facebook yang mengklaim dan menggunakan foto Marullah Matali adalah hoaks karena bukan milik pribadi Wali Kota Jakarta Selatan.

Faktanya, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, telah mengonfirmasi melalui akun Instagram pribadinya menyatakan informasi itu tersebut tidak benar.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: