Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Mengonsumsi Makanan dan Minuman Dingin Berbahaya Bagi Jantung

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang mengonsumsi makanan dan minuman dingin berbahaya bagi jantung beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir pada 20 Maret 2019.

Akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir mengunggah narasi berisi klaim mengonsumsi makanan dan minuman dingin dapat membahayakan jantung. Berikut narasinya:

"Tahukah anda Jantung kita ini paling pantangan nya apa ?​​ Anda mungkin blm tahu.

Setelah membaca tulisan ini mungkin akan kaget !

1. Jantung paling pantangannya adalah : ​

●Semua makanan dan minuman yg bersifat dingin.

●Jangan minum air ES

●Jangan makan makan an dingin yg keluar dari kulkas. Lebih baik makan makanan yang hangat/panas. (Ini kalau kita ingin sehat!)

2. Apa musuh utama jantung kita​ ?

●Adakah kebiasaan saat makan nasi atau setelah makan nasi lalu minum air dingin/ es.

●Apalagi sambil mengelap keringat saat melahap makanan.

●Saat udara panas, sambil minum2an yg dingin, benar-benar sangat enak rasanya.

3. Jika punya kebiasaan seperti itu silakan lihat penjelasan di bawah ini :

●Penakluk utama jantung adalah sehabis makan, *TIDAK BOLEH* minum - minuman dan makanan yang dingin (ES), dan ini adalah petunjuk dari dokter ahli jantung diberbagai belahan dunia. ​ Penjelasannya :​ Minum segelas air dingin/es setelah makan memang sangat nyaman, namun air dingin/es bisa membeku (menggumpal)kan minyak/lemak makan an yg barusan ditelan dalam perut, bahkan bisa menyebabkan pencernaan dalam lambung menjadi lamban. Begitu gumpalan (pembekuan) makanan yang mirip lumpur itu bertemu asam lambung, maka akan terurai dgn cepat dan diserap oleh usus dan dia akan menempel di dinding usus. Berselang tidak lama kemudian akan berubah menjadi lemak, yg jika setiap harinya terus menerus seperti ini, maka lama kelamaan akan dapat menyebabkan penyakit, bahkan penyebab tumor/ kanker. Makanya setelah makan sebaiknya minum air hangat saja.

4. Mohon perhatikan gejala-gejala serangan jantung :

●Tidak semua gejala serangan jantung itu akan sakit di lengan kiri, tp kita harus waspada jika terjadi sakit di tengkuk.

●Saat serangan jantung terjadi, tidak pasti akan sakit di ulu hati, tetapi pada umumnya merasa mual, dan keringat dingin bercucuran itulah gejala umum terjadi serangan jantung.

●data statistik 60% serangan jantung terjadi saat sedang tidur, sehingga penderita saat tidur tidak bangun² lagi.

Saat mau tidur usahakan minum satu gelas air hangat, ini utk mencegah serangan jantung saat tertidur atau bangun pagi.Saat bangun tidur biasanya tensi tertinggi so jangan langsung bangun, tunggu 5 menit atau gerakan anggota tubuh secara ringan, agar darah mengalir lebih baik.Biasakan setelah bangun minum 2 gelas air hangat saat perut kosong.

□Sakit di bagian tengkuk sering menyebabkan terbangun dari tidur nyenyak. Makanya harus hati².

□Semakin banyak kita ketahui ini, maka kesempatan hidup lebih baik , lebih sehat dan panjang umur akan semakin besar. Salah Seorang dokter ahli jantung menghimbau, jika setiap orang yg telah membaca berita ini, diharapkan dapat mengirim ke teman- teman, sanak saudaranya. Semoga penjelasan singkat ini dapat menolong kita dari bahaya serangan jantung.

*Sehat itu mahal, sayangilah jantung kita*-----------------------------------.*MINUM AIR HANGAT BISA SELAMATKAN NYAWA*

Sekelompok Dokter Jepang menegaskan bahwa *air hangat* adalah 100% efektif dalam menyelesaikan beberapa masalah kesehatan seperti :

1. Migrain

2. Tekanan darah tinggi

3. Tekanan darah rendah

4. Nyeri sendi

5. Peningkatan dan penurunan detak jantung secara tiba-tiba

6. Epilepsi

7. Menghilangkan kadar kolesterol

8. Batuk

9. Ketidak nyamanan tubuh

10. Nyeri gout

11. Asma

12. Batuk terus menerus

13. Penyumbatan pembuluh darah

14. Penyakit yang terkait dengan Uterus & Urine

15. Masalah perut

16. Nafsu makan yang buruk

17. Juga semua penyakit yang berkaitan dengan mata, telinga & tenggorokan.

18. Sakit kepala

*BAGAIMANA CARA MEMAKAI AIR HANGAT*

Bangun pagi-pagi dan minum sekitar * 2 gelas air hangat ketika perut kosong *. Anda mungkin tidak dapat membuat 2 gelas di awal tetapi perlahan-lahan.

*CATATAN:*

*JANGAN* makan apa pun 45 menit setelah mengambil air.

Terapi air hangat akan menyelesaikan masalah kesehatan dalam jangka waktu yang wajar seperti:

✔ Diabetes dalam 30 hari

✔ Tekanan darah dalam 30 hari

✔ Masalah perut dalam 10 hari

✔ Semua jenis Kanker dalam 9 bulan

✔ Penyumbatan pembuluh darah dalam 6 bulan

✔ Nafsu makan yang buruk dalam 10 hari

✔ Uterus dan penyakit terkait dalam 10 hari

✔ Masalah Hidung, Telinga, dan Tenggorokan dalam 10 hari

✔ Masalah wanita dalam 15 hari

✔ Penyakit jantung dalam 30 hari

✔ Sakit kepala / migrain dalam 3 hari

✔ Kolesterol dalam 4 bulan

✔ Epilepsi dan kelumpuhan terus menerus dalam 9 bulan

✔ Asma dalam 4 bulan

*AIR DINGIN ITU TIDAK BAIK UNTUK ANDA !!!*

Jika air dingin tidak mempengaruhi Anda pada usia muda, akan membahayakan Anda di *usia tua*.

*Air dingin menutup 4 urat-urat jantung dan menyebabkan serangan jantung*. Minuman dingin adalah alasan utama untuk serangan jantung.

*Ini juga menciptakan masalah di hati karena membuat lemak terjebak di hati*. Kebanyakan orang yang menunggu transplantasi hati adalah korban minum air dingin.

*Air dingin mempengaruhi dinding internal lambung,Ini mempengaruhi usus besar dan menghasilkan Kanker*

Perbanyak Lah Berzikir

## INI UNTUK DIRI SENDIRI ##," tulis akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir.

Konten yang disebarkan akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir telah 125 ribu kali dibagikan dan mendapat 7.300 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang mengonsumsi makanan dan minuman dingin berbahaya bagi jantung.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter jantung dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta, dr Muhammad Gibran Fauzi Harmani Sp.JP, FIHA.

Dr Gibran menyebut bahwa klaim tentang mengonsumsi makanan dan minuman dingin berbahaya bagi jantung tidak benar.

"Itu hoax," kata dr Gibran kepada Liputan6.com, Jumat (20/11/2020).

Dr Gibran menambahkan, tidak ada penilitan yang membuktikan makanan dan minuman dingin dapat meningkat risiko sakit jantung.

"Faktor risiko jantung yang bisa, harus dihindari, dan dikontrol adalah Hipertensi (batasi asupan garam), diabetes mellitus (batasi asupan gula), dislipidemia atau kolesterol (batasi asupan makanan minuman sumber kolesterol), merokok harus distop dan hindari jadi perokok pasif," tutur dr Gibran.

Menurut dr Gibran, pencegahan terhadap serangan jantung bisa dilakukan dengan mengecek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat yang cukup, dan kendalikan stres.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang mengonsumsi makanan dan minuman dingin berbahaya bagi jantung ternyata tidak terbukti. Dokter jantung dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta, dr Muhammad Gibran Fauzi Harmani Sp.JP, FIHA mengatakan, tidak ada penelitian yang membuktikan mengonsumsi makanan dan minuman dingin dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Konten yang disebarkan akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.