Sukses

Cek Fakta: Hoaks Lowongan Pekerjaan di Puskemas Kota Blitar, Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah informasi yang menyebut adanya lowongan pekerjaan di Puskesmas Sananwetan, Kota Blitar. Lowongan pekerjaan itu ditemukan di sebuah grup Facebook.

Adalah pemilik akun atas nama Irmawati yang mengunggah soal lowongan pekerjaan di Puskesmas Sananwetan Kota Blitar. Dalam informasi tersebut, syarat untuk pelamar pun cukup mudah.

Begini narasi soal lowongan pekerjaan di Puskesmas Sananwetan, Kota Blitar:

"Info Lowongan Kerja

Puskesmas Sanan Wetan

Dibutuhkan staff admin dan staff kantor

Dikhususkan Perempuan

Ijazah SMA/SMK/Ma

Bisa komputer

Jujur dan Disiplin

Info Lengkap Bisa Menghubungi

085732599726

Bu Riska

Atau Kirim Ke Alamat

Jl. Jawa Kota Blitar, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66137"

Lalu, benarkah lowongan pekerjaan itu asli?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Melalui pencarian CrowdTangle, Cek Fakta Liputan6.com menemukan akun Facebook resmi dari Pemerintah Kota Blitar. Akun itu membantah kabar adanya lowongan pekerjaan di Puskesmas Sananwetan, Kota Blitar.

Melalui akun Facebook, Pemerintah Kota Blitar melabeli postingan yang dibuat oleh Irmawati sebagai informasi hoaks. Begini bantahannya:

"AWAS HOAKS LUR !Penjelasan :

Beredar sebuah informasi lowongan pekerjaan Puskesmas Sananwetan Kota Blitar. Dalam informasi disebutkan beberapa kebutuhan tenaga kerja, staff admin dan staff kantor dikhususkan perempuan dengan ijazah SMA/SMK/Ma. Di beberapa kasus, korban ada yang juga dimintai sejumlah uang untuk biaya pendaftaran kartu kesehatan dengan atas nama Bu Riska.

Informasi tersebut dibantah langsung oleh pihak Puskesmas Sananwetan juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar dr. Muhammad Muchlis. Pihaknya menegaskan bahwa puskesmas Sananwetan tidak membuka lowongan pekerjaan seperti yang disebutkan pada pesan tersebut. Muchlis meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap informasi hoaks yang digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Semua informasi, utamanya berkaitan dengan permintaan sejumlah biaya penanganan sebaiknya dikonfirmasikan dulu kepada lembaga yang bersangkutan. Karena hoaks serupa pun sudah banyak beredar dengan mengatasnamakan Puskesmas Kepanjenkidul."

 

AWAS HOAKS LUR ! Penjelasan : Beredar sebuah informasi lowongan pekerjaan Puskesmas Sananwetan Kota Blitar. Dalam...

Posted by Pemerintah Kota Blitar on Wednesday, November 18, 2020

Bantahan serupa juga bisa ditemukan di Instagram Pemerintah Kota Blitar, @pemkotblitar.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Pemerintah Kota Blitar (@pemkotblitar)

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim soal lowongan pekerjaan di Puskesmas Sananwetan, Kota Blitar bisa disimpulkan sebagai hoaks karena kabar itu mengada-ada. Faktanya, Puskesmas Sanawetan membantah sedang membuka lowongan pekerjaan.

 

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: