Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Donald Trump Ngamuk karena Kalah Pilpres

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Donald Trump mengamuk lantaran kalah dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat.

Klaim video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres diunggah akun Facebook Eddy Mujoko, pada 9 November 2020.

Video yang diunggah menayangkan seorang lelaki dengan wajah mirip Donald Trump sedang menghancurkan barang-barang yang ada di dalam ruangan, di antaranya bendera Amerika Serikat dan televisi.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pagi² Dapat Sarapan....Mengeyangkan..

Hadeeuh....Donal Trump Ngamuk kalah..Pilpres...

Bisa Power Sindrome.....

Gawat..Sob....."

Benarkah video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres

 

Penelusuran mengarah pada video akun YouTube Comedy Central UK berjudul "The President Smashes Everything - The President Show | Comedy Central" yang diunggah, pada 21 Juli 2017.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres

Video yang diunggah Channel YouTube Comedy Central UK identik dengan klaim video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres.

Video tersebut merupakan tayangan komedi, tokoh Donald Trump yang ada di dalam video tersebut bukan sebenarnya.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "【謠言】川普在辦公室揮球棒打砸影片?2017年模仿秀片段" yang dimuat situs mygopen.com, pada 6 November 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres

Situs mygopen.com memuat potongan gambar yang identik dengan klaim menyebutkan, video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres.

Artikel situs mygopen.com menyebutkan, video tersebut sebenarnya klip dari tayangan komedi satir berjudul "The President Show" yang diproduksi oleh Comedy Central pada 2017.

Sejak saat itu, dalam film "The President Smashes Everything" yang dirilis pada 21 Juli 2017, anda dapat melihat adegan komedian Anthony Atamanuik berperan sebagai Presiden AS Trump menghancurkan barang-barang di kantor.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres tidak benar. Video tersebut beredar sejak 2017, sebelum ada keputusan Donald Trump kalah dalam Pilpres 2020.

Video ini merupakan komedi, menampilkan Donald Trump yang diperankan komedian Anthony Atamanuik. Informasi video Donald Trump mengamuk karena kalah pilpres masuk dalam kategori Partly False.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini