Sukses

Cek Fakta: Hoaks Panggilan Seleksi Karyawan dari PT Lippo Malls Indonesia

Dalam surat panggilan tersebut peserta diminta datang ke kantor Lippo Malls di Jember pada Sabtu dan Minggu (7-8 November 2020)

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui surat elektronik (email) dan media sosial terkait panggilan interview dari PT Lippo Malls Indonesia. Kabar ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama John. Dia mengunggahnya di Facebook pada Kamis (5/11/2020).

Dalam surat panggilan tersebut peserta diminta datang ke kantor Lippo Malls di Jember pada Sabtu dan Minggu (7-8 November 2020). Di sana akan dilakukan proses seleksi pada calon karyawan.

Bagi calon karyawan maka diminta untuk membayar sejumlah uang untuk keperluan rekrutmen. Lalu benarkah PT Lippo Malls Indonesia akan mengadakan seleksi karyawan dengan syarat tertentu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengunjungi akun Instagram PT Lippo Mals Indonesia, @lippomalsindonesia yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Di sana terdapat postingan terkait seleksi karyawan tersebut. Postingan tersebut disertai gambar dengan kalimat "Waspadalah penipuan rekrutmen. Perlu diketahui bahwa PT Lippo Malls Indonesia tidak menarik biaya apapun dari pelamar yang melamar pekerjaan dengan perusahaan kami."

Selain itu postingan tersebut juga disertai narasi:

"Panggilan Tes Interview PT Lippo Malls Indonesia di atas yang beredar di masyarakat dengan mengatasnamakan recruitment PT Lippo Malls Indonesia adalah BUKAN dari PT Lippo Malls Indonesia. Hati-hati terhadap modus penipuan.

Sistem perekrutan di PT Lippo Malls Indonesia, kami sampaikan sbb:

- PT Lippo Malls Indonesia tidak pernah memungut biaya untuk proses seleksi kandidat.

- PT Lippo Malls Indonesia tidak bekerja sama dengan maskapai atau platform ticketing manapun.

- Jika ada panggilan seleksi dan untuk memastikan, silahkan hubungi ke hrd@lippomalls.com / (021) 25669000 ext 7027. Terima kasih."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Surat panggilan dari PT Lippo Mals Indonesia dengan syarat tertentu adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.