Sukses

Cek Fakta: Beredar Lagi Informasi Hoaks Tanda Nomor IMEI Ponsel Sedang Diawasi Polri

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi tanda nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) telepon seluler sedang diawasi Polri.

Informasi tanda IMEI ponsel sedang diawasi Polri tersebut diunggah akun Facebook Padu Ngeteyeup Asal Salamet, pada 12 Oktober 2020.Unggahan tersebut berupa tangkapan layar pesan percakapan yang berisi informasi sebagai berikut:

"tolong sampaikan kepada seluruh sahabat seperjuangan untuk mengecek nomor imei di hp mereka masing2

dengan cara *ketik* #06#

kalau muncul nomer imei disertai garis miring angka 1 (sebagai contoh 12345678/1) berarti anda sedang dipantau atau di awasi tim saiber mabes polri

klw sudah pake /2 anda sudah masuk target penyergapan,,

waspada kurangi aktifitas di fb dengan memposting atw berkomentar miring atw kritik terhadap rezim,,

tolong sampaikan pada teman2 smua ini info dari rekan di MCA"

Benarkah informasi tanda IMEI ponsel sedang diawasi Polri? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tanda IMEI ponsel sedang diawasi Polri menggunakan Google Search dengan kata kunci "ketik #06# kalau muncul nomer imei disertai garis miring angka 1".

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "[Cek Fakta] Benarkah Polisi Sadap Handphone Lewat IMEI?" yang dimuat situs liputan6.com, pada 25 Maret 2018.

Artikel situs liputan6.com tersebut mengulas informasi terkait tanda IMEI sedang diawasi Polisi. Artikel tersebut menyebutkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menanggapi informasi beredar terkait nomor IMEI yang dikaitkan dengan penyadapan oleh Cyber Crime Polri, informasi yang viral tersebut adalah hoaks.

Kominfo juga menjelaskan detil seputar nomor IMEI. Kominfo menjelaskan, IMEI telepon seluler dapat diketahui oleh pengguna dengan cara menekan *#06# pada teleponnya.

Namun, ada pabrikan tertentu seperti Samsung yang menampilkan nomor IMEI beserta SV dengan format yang lengkap dan dipisahkan tanda garis miring. Sementara itu, dua digit terakhir yang dilambangkan /01 atau /02 merupakan nomor versi perangkat lunak. Bukan tanda sedang disadap.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Viral Nomor IMEI Ponsel Bisa Disadap, Kemkominfo: Itu Hoax" yang dimuat situs liputan6.com, pada 25 Mei 2018.

Dalam artikel liputan6.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjelaskan IMEI pada hakikatnya adalah kode unik yang susunannya terdiri dari 15 digit atau angka yang dimiliki setiap transceiver perangkat telepon seluler.

IMEI dikodekan ke dalam perangkat keras, sehingga tidak mungkin ada yang bisa mengubah IMEI tanpa merusak perangkat keras.

“Menanggapi informasi beredar terkait nomor IMEI yang dikaitkan dengan penyadapan oleh Polri, saya pastikan informasi yang viral tersebut adalah hoax,” ujar Noor Iza saat menjabat sebagi Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo.

Pada jaringan GSM, IMEI sendiri mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang mencoba tersambung dengan jaringan itu. Karenanya, nomor IMEI bisa digunakan untuk memblokir ponsel yang dicuri agar tidak tersambung dengan jaringan GSM.

“Nomor IMEI diberikan oleh GSMA (Global System for Mobile Communications Association) kepada pabrikan-pabrikan perangkat seluler," lanjutnya.

IMEI ponsel sendiri bisa diketahui dengan mudah hanya lewat cara menekan *#06# pada teleponnya.

Namun, pada kenyataannya ada vendor tertentu seperti Samsung yang menampilkan nomor IMEI dengan SV pada format lengkap dan dipisah garis miring.

Sementara dua digit terakhir yang dilambangkan /01 atau /02 adalah nomor versi perangkat lunak, bukan tandanya sedang disadap.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi tanda IMEI ponsel sedang diawasi Polri tidak benar.

Informasi  tanda IMEI ponsel sedang diawasi Polri tersebut sebelumnya telah beredar dengan format yang berbeda.

IMEI ponsel sendiri bisa diketahui dengan mudah hanya lewat cara menekan *#06# pada teleponnya.

Namun, pada kenyataannya ada vendor tertentu seperti Samsung yang menampilkan nomor IMEI dengan SV pada format lengkap dan dipisah garis miring.

Sementara dua digit terakhir yang dilambangkan /01 atau /02 adalah nomor versi perangkat lunak, bukan tandanya sedang disadap atau diawasi.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.