Sukses

Waspada Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Perusahaan E-Commerce

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah konten berbagi hadiah yang mencatut nama perusahaan e-commerce beredar di media sosial. Konten dengan iming-iming berbagi handphone dan uang tunai itu pun viral.

Satu di antaranya adalah, beredarnya pesan singkat (SMS) kabar perusahaan e-commerce Shopee Indonesia membagikan hadiah ratusan juta rupiah. Pesan ini ramai lagi dibagikan belakangan ini.

Dalam pesan singkat tersebut disertakan tautan link untuk diisi oleh para pemenang. Berikut isi pesan singkat yang mencatut nama Shopee tersebut:

"PT SHOPEE INDONESIA bagi'' rejeki selamat no.anda resmi meraih hadiah 175jt dgn kode PIN: 25f4777 cek ID anda di bit.ly/infoshopeetbk959"

Setelah ditelusuri, SMS dari Shopee yang diklaim membagikan hadiah ratusan juta rupiah adalah hoaks.

"Ya, informasi itu hoaks. Biasanya pesan seperti itu mengarahkan konsumen ke situs palsu dan meminta data pribadi rahasia seperti username& pasword, kode OTP atau PIN Shopeepay," ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee dalam keterangan tertulis yang dikirim Jumat (25/9/2020).

"Jangan pernah memberikan data apapun termasuk pihak Shopee. Kami punya tim internal untuk memonitor kasus penipuan yang mengatasnamakan Shopee dan ShopeePay serta melakukan berbagai upaya agar pengguna terhindar dari kasus atau modus penipuan apapun," katanya menambahkan.

Selain Shopee, perusahaan e-commerce lainnya yakni Lazada juga turut dicatut dalam kabar hoaks bagi-bagi hadiah. Berikut hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 3 halaman

SMS Palsu

Beberapa hari lalu, beredar SMS yang diklaim dari Lazada yang berisi pemberitahuan, jika si penerima mendapatkan uang senilai Rp 175 juta dari PT Lazada. Selain itu terdapat juga tautan atau link untuk info hadiah.

Berikut isi pesan tersebut:

Info Trakhir..!!!Selamt Anda Resmi T-pilih Mndptkan Uang Tunai Rp 175.000.000 Dr PT.LAZADA. Kode ID Pmenang Anda KBR99D7 U/Info klik:

www.hadiahundianlazada.ga

Tetapi, setelah ditelusuri abar tentang perusahaan e commerce Lazada membagikan hadiah lewat pesan singkat atau SMS ternyata tidak benar alias hoaks.

Lazada tidak pernah membagikan hadiah lewat SMS. Diduga SMS tersebut merupakan modus penipuan yang mencatut Lazada.

Berkaitan dengan SMS penipuan itu Lazada Indonesia menegaskan selalu mengumumkan konten atau kuis apa pun melalui akun resmi perusahaan dan media terpercaya.

Oleh sebab itu, perusahaan mengimbau masyarakat untuk tidak terkecoh dengan segala penipuan yang mengatasnamakan Lazada.

Akun-akun resmi milik layanan e-commerce itu adalah Lazada Indonesia di Facebook, Twitter @lazaadaid, Instagram @lazada_id, YouTube Lazada Indonesia, Line Lazada Indonesia.

Di luar akun tersebut, pengumuman kontes dan pemenang juga diumumkan di media online, cetak, radio, dan TV yang terakreditasi dan terdaftar di Dewan Pers Indonesia.

"Semua konten dan kuis yang kami adakan hanya dilakukan dan diumumkan pada akun resmi Lazada Indonesia, serta media online, cetak, radio dan TV yang terakreditasi dan terdaftar di Dewan Pers Indonesia," ungkap CMO Lazada Indonesia, Monika Rudijono, dalam keterangan resminya, Jumat (8/3/2019).

"Lazada menghimbau agar masyarakat untuk tidak melakukan transfer dana dalam nominal berapapun, dan ke akun yang mengatasnamakan Lazada," sambungnya.

Lazada menegaskan kepuasan konsumen selalu menjadi prioritas nomor satu. "Lazada akan selalu berusaha meningkatkan pelayanan dan senantiasa mengadakan kegiatan-kegiatan seru seperti kontes dan kuis," jelas Monika.

 

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini: