Sukses

Cek Fakta: Hoaks Jokowi Sudah Selesaikan Tol Laut

Liputan6.com, Jakarta - Akun Facebook atas nama Gufira Arva Pangestu‎ membuat heboh. Dia mengunggah foto berupa tangkapan layar yang menyebut Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sudah menyelesaikan tol laut.

Dalam unggahan Jokowi selesaikan tol laut, Gufira Arva Pangestu mengunggah tangkapan layar channel Youtube atas nama Rian Jomblo. Video itu diunggah dua tahun lalu dan disaksikan 2,4 juta kali.

Begini narasi yang ada di tangkapan layar tersebut:

"Akhirnya Jokowi selesai buat tol laut."

Lalu, benarkah, Jokowi sudah menyelesaikan tol laut, yang merupakan salah satu programnya?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran foto tersebut. Pertama tim memasukkan tangkapan layar yang diunggah Gufira Arva Pangestu ke mesin pencari, Google Image.

 

Hasil penelusuran mengarahkan ke sebuah channel Youtube milik Visit Qingdao, China. Sayangnya, video itu tidak menggambarkan tol laut program Jokowi, seperti yang dikatakan Gufira Arva Pangestu.

Video itu berjudul: "Qingdao Jiaozhou Bay Bridge" yang sudah berada di Youtube sejak 9 April 2015. Dalam keterangan, video itu menggambarkan suasana Jembatan Teluk Jiaozhou di Qingdao, jembatan air terpanjang di dunia, saat masih pagi hari. (Anda bisa melihat videonya melalui tautan berikut ini)

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke artikel dengan judul: "Dibangun Hanya 4 Tahun, Jembatan Terpanjang Sedunia Ada di China". Artikel itu berada di kanal Global Liputan6.com sejak 9 April 2016. 

Disebutkan kalau Jembatan Jiaozhou Bay yang dibuka pada tahun 2011, resmi mencatat rekor sebagai jembatan terpanjang di dunia yang membentang sepanjang 26.4 mil atau sekitar 164 kilometer. Jembatan terpanjang itu menghubungkan pulau Huangdao dan pelabuhan barat kota Qindao, Cina.

Jiazhou Bay yang memiliki luas jalan seluas 330 meter ini memakan biaya sebesar 1 miliar pound sterling selama pembangunannya.

Bangunan dua jembatan yang saling berdampingan dengan panjang masing-masing jembatannya sepanjang 23,87 mil itu membutuh kan lebih dari 5.000 pilar untuk menopangnya. Hampir tiga mil lebih panjang dari jembatan Lake Pontchartrain Causeway di Lusiana, yang memegang catatan jembatan terpanjang sebelumnya.

Jemabatan Jiazhou Bay dibangun karena jembatan Qingdao Haiwan, yang panjangnya melebihi jembatan Tower Bridge, London, hanya memotong 19 mil perjalanan dari Qingdao menuju Huangdao.

Sementara itu dilansir dari kompas.id, yang dimaksud dengan proyek Tol Laut oleh pemerintahan Presiden Jokowi adalah penyediaan sistem distribusi logistik menggunakan kapal besar yang menghubungkan pelabuhan di jalur utama atau rute utama. Rute utama tol laut adalah Nanggroe Aceh Darussalam, Jakarta, Surabaya, Nusa Tenggara, Maluku, sampai Papua.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tangkapan layar yang menyebut Jokowi sudah menyelesaikan tol laut adalah salah. Faktanya, gambar yang diunggah Gufira Arva Pangestu merupakan yang berada di China.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.