Sukses

Cek Fakta: Hoaks Poster Waspada Penculikan Anak di Sidoarjo

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah poster atau selebaran tentang penculikan anak beredar di media sosial. Poster ini disebarkan akun Facebook Cut Ardiansyah pada 22 Februari 2020 lalu.

Dalam poster itu, terdapat narasi berisi imbauan agar warga Sidoarjo, Jawa Timur mewaspadai aksi penculikan anak berusia 1 sampai 12 tahun. Berikut narasinya:

"BAPAK-BAPAK/IBU-IBU HARUS MENJAGA ANAK KITA DENGAN HATI-HATI!

PENCULIK SEDANG ADA DI SEKOLAH, PERUMAHAN, DAN KAMPUNG-KAMPUNG. DIA MENYAMAR SEBAGAI:

*PENJUAL

*PENGEMIS

*IBU HAMIL

*ORANG GILA

*DLL

Tolong disebarkan, Terima kasih"

Poster berisi imbauan waspada penculikan anak yang disebarkan akun Facebook Cut Ardiansyah telah 828 kali dibagikan warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri poster atau selebaran berisi imbauan waspada penculikan anak. Penelusuran dilakukan dengan membuka akun Instagram resmi Polresta Sidoarjo, @polresta_sidoarjo.

Ternyata poster tersebut mendapat stampel hoaks dari Polresta Sidoarjo. Informasi ini diunggah oleh akun Instagram @polresta_sidoarjo pada 28 November 2019 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Foto dari Akun Instagram @polresta_sidoarjo

"Selebaran yang beredar di medsos tentang dugaan aksi penculikan di wilayah Sidoarjo adalah *HOAX,* masyarakat tidak perlu resah, *Polisi selalu Bersama Anda*. *Polresta Sidoarjo* sudah melakukan *patroli dan penjagaan ke sekolah-sekolah pada saat jam berangkat dan pulang sekolah*

Jika menemukan kejadian mencurigakan, silakan hubungi *Call Center* : 110, HP 08155100110 dan aplikasi Delta Siap (bisa di download via android)," tulis akun Instagram @polresta_sidoarjo.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Poster atau selebaran berisi imbauan waspada penculikan anak ternyata tidak benar alias hoaks. Poster tersebut tidak dikeluarkan oleh Polresta Sidoarjo.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.