Sukses

Cek Fakta: Klarifikasi Peter Carey dalam Peluncuran Film Jejak Khilafah di Nusantara

Liputan6.com, Jakarta Beredar informasi sejarawan Peter Carey terlibat dalam talkshow peluncuran film Jejak Khilafah di Nusantara dengan menjadi bintang tamu.

Dalam video talkshow peluncuran film Jejak Khilafah di Nusantara yang diunggah akun Facebook Komunitas NTB Bersyariah, pada 2 Agustus 2020, Carey muncul pada tayang video pada 1 jam 3 menit.

Carey disebut sebagai tamu spesial dalam video peluncuran film Jejak Khilafah di Nusantara, dia membicarakan tentang Turki Ustmani di Jawa selama 2 menit.

Benarkah Peter Carey terlibat dalam talkshow peluncuran film Jejak Khilafah di Nusantara? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Peter Carey terlibat dalam talkshow peluncuran film Jejak Khilafah di Nusantara, dengan mendapat keterangan tertulis dari pihak perwakilan Peter Carey.

Dalam keterangan tertulisnya, Peter Carey mengatakan, terkait dengan beredarnya informasi mengenai keterlibatan dirinya dalam proyek film Jejak Khilafah dan tamu spesial dalam talk show peluncuran film Jejak Khilafah, dengan ini dia menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Peter Carey pun menegaskan beberapa hal, Dia menyatakan, tidak pernah diundang untuk menjadi tamu spesial dalam talk show peluncuran film Jejak Khilafah yang videonya telah beredar.

Peter Carey memang pernah melakukan wawancara dengan yang membuat film Jejak Khilafah, ini ditujukan untuk meluruskan fakta sejarah tentang apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh Pangeran Diponegoro (1785-1855) sehubungan dengan Kerajaan Utsmaniyah dan sebaliknya, yaitu tentang apa yang diketahui oleh orang Turki Utsmani mengenai Diponegoro dan Perang Jawa.

"Yang mana jawabannya adalah nol besar - mereka tidak tahu dan tidak peduli sama sekali mengenai Jawa. Sementara dari pihak Diponegoro semuanya berakar dari rasa kagum yang diromantisir mengenai orang Turki Utsmani sebagai benteng pertahanan terakhir umat Muslim terhadap dunia Barat pada awal abad sembilan belas," kata Peter Carey dalam keterangan tertulisnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi sejarawan Peter Carey terlibat dalam talkshow peluncuran film Jejak Khilafah di Nusantara tidak benar, Peter Carey tidak pernah diundang sebagai bintang tamu acara tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.