Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Suara Misterius dan Mengerikan Bikin Panik Warga Guizhou China 

Beredar video warga Guizhou China panik karena mendengar suara misterius. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim sebagai kepanikan warga Guizhou, China karena mendengar suara misterius dan mengerikan beredar di media sosial. Video ini diunggah oleh akun Facebook Video viral pada 13 Juli 2020.

Dalam video berdurasi 49 detik itu tampak puluhan orang yang diklaim warga Guizhou, China berkumpul di sebuah bukit. Terdapat juga suara misterius mirip binatang mengaum.

"Kejadian aneh di daerah gui zhou,china Tiba tiba ada suara mengerikan, warga pada keluar hingga ke gunung mencari datangnya suara yang super dahsyat tersebut..

#pertandaapakahitu #terbaru," tulis akun Facebook Video viral.

Video yang diunggah akun Facebook Video viral telah 18 kali dibagikan oleh warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim sebagai kepanikan warga Guizhou, China karena mendengar suara misterius dan mengerikan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar tersebut ke situs Google Reverse Image dan Yandex.

Namun hasilnya tidak ditemukan artikel atau video serupa yang menjelaskan mengenai peristiwa tersebut.

Penelusuran kemudian dilanjutkan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "video sound guizhou china". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai suara misterius dari video tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "China mystery: Strange noise causes thousands to flee village over huge earthquake fears" yang dimuat situs express.co.uk pada 7 Juli 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa sebuah suara aneh bergema di seluruh desa di Guizhou, China dan memaksa banyak orang melarikan diri karena takut.

Meskipun kebingungan, beberapa penduduk di desa-desa di daerah Guizhou mencari suara ini dengan keyakinan itu adalah makhluk mitos. Beberapa menggambarkan suara itu sebagai geraman naga, sementara yang lain mengatakan itu lebih seperti raungan harimau.

Pejabat Guizhou pun merespons kabar tersebut dan mengirim tim ahli untuk mencari sumber suara misterius di daerah itu. Ahli zoologi kemudian dapat mengonfirmasi bahwa suara itu sebenarnya berasal dari seekor burung kecil. Nama burung tersebut adalah Buttonquail berkaki kuning. Terlepas dari ukurannya, burung-burung tersebut memiliki suara yang sangat keras.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai kepanikan warga Guizhou, China karena mendengar suara mengerikan ternyata benar. Suara misterius yang ada dalam video tersebut bersumber dari seekor burung kecil bernama Buttonquail berkaki kuning.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.