Sukses

Cek Fakta: Viral Video Suasana Salat Subuh Berjamaah di Hagia Sophia, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim suasana salat subuh berjamaah di Hagia Sophia, Turki beredar di media sosial. Video ini diunggah akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara pada 19 Juli 2020.

Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik itu merekam kegiatan puluha orang yang tengah salat di ruas jalan. Video itu diambil pada malam hari.

Akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara mengaitkan video tersebut dengan suasana salat berjamaah di Hagia Sophia, Turki.

"Suasana khidmat shalat subuh di masjid Hagia Sophia...," tulis akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara .

Video yang disebarkan akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara telah ditonton 365 kali dan mendapat beberapa komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim suasana salat subuh berjamaah di Hagia Sophia, Turki. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs pencari Yandex.

Hasilnya, terdapat video serupa yang diunggah Channel YouTube القارئ عامر أحمد المهلهل pada 31 Mei 2014 lalu. Channel YouTube القارئ عامر أحمد المهلهل menambahkan sebuah narasi dalam bahasa di video yang diunggahnya, berikut terjemahannya:

Gambar Tangkapan Layar VIdeo dari Channel YouTube القارئ عامر أحمد المهلهل

"Doa Subuh dari Masjid Hagia Sophia oleh Sheikh Abdullah Basfar," tulis Channel YouTube القارئ عامر أحمد المهلهل

Liputan6.com juga menemukan artikel "Ayasofya meydanında sabah namazı" dari situs haber7.com. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa puluhan warga Turki yang tergabung dalam Asosiasi Pemuda Anatolia memenuhi jalanan di depan Hagia Sophia. Mereka memperjuangkan pembukaan Hagia Sophia sebagai masjid.

Kelompok itu, yang berkumpul dari Istanbul dan kota-kota tetangga dengan bus dari Hagia Sophia mulai dari tengah malam, menunggu waktu sholat pagi untuk masuk.

Dilansir dari artikel berjudul "Hagia Sophia Resmi Jadi Masjid, Umat Islam Dipersilakan Beribadah" yang dimuat situs kompas.com, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan secara resmi mengalihfungsikan museum Hagia Sophia menjadi masjid, pada Jumat (10/7/2020). Pada hari itu juga, Erdogan menyatakan bahwa Hagia Sophia terbuka untuk ibadah umat Islam.

Pernyataan itu disampaikan Erdogan beberapa jam setelah pengadilan tinggi negeri Turki membatalkan keputusan 1934, yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim suasana salat subuh berjamaah di Hagia Sophia, Turki ternyata tidak sepenuhnya benar. video dan narasi yang diunggah akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara tidak ada hubungannya dengan salat berjamaah di Masjid Hagia Sophia.

Video itu diambil pada 2014, jauh sebelum Hagia Sophia berubah status sebagai masjid. 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.