Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Presiden Jokowi Kenakan Baju Berlogo PKI

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju merah berlogo Partai Komunis Indonesia (PKI). Klaim tersebut diunggah akun Facebook Zul Efendi, pada 23 Juli 2020.

Foto yang diunggah memperlihatkan Presiden Jokowi mengenakan baju merah, di bagian dada baju tersebut terdapat palu arit yang diartikan sebagai lambang PKI, dalam foto tersebut Jokowi terlihat sedang memegang dua buah pengeras suara.

Pada unggahan foto tersebut akun Zul Efendi memberikan keterangan sebagai berikut:

"JOKOWI ASLI ANAK PKI JAHANAM FAKTA BUKA KEBENARAN"

Benarkah klaim foto Presiden Jokowi mengenakan baju berlogo PKI? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Presiden Jokowi mengenakan baju berlogo PKI dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex. Cek Fakta : Penelusuran klaim foto Presiden Jokowi mengenakan baju merah berlogo PK

 

 Hasil penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Siasat Jokowi Bentengi Jawa Tengah" yang dimuat situs kumparan.com, pada Desember 2018.

Cek Fakta : Penelusuran klaim foto Presiden Jokowi mengenakan baju merah berlogo PKI

Situs tersebut menampilkan foto dengan komposisi yang identik dengan foto klaim. Foto tersebut bersumber dari agensi foto AFP PHOTO, diberi keterangan sebagai berikut:

"Joko Widodo saat berkampanye di Malang pada 30 Maret 2014."

Penelusuran juga mengarah pada akun Youtube WISATA YOGYA yang memuat video Jokowi sedang berkampanye untuk pemilihan presiden 2014.

Video tersebut diberi judul "KAMPAYE PEMILU 2014 : JOKOWI dalam Kampaye di Malang".

Cek Fakta : Penelusuran klaim foto Presiden Jokowi mengenakan baju merah berlogo PKI

Dalam vidoe yang diunggah pada April 2014 tersebut memperlihatkan Jokowi sedang berpidato, terdapat cuplikan yang identik dengan foto klaim. Namun, pada baju sebelah kiri yang dikenakan Jokowi merupakan bendera Indonesia bukan logo PKI.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Cek Fakta Liputan6.com menyimpulkan, klaim foto Presiden Jokowi mengenakan baju berlogo PKI tidak benar. Foto tersebut mengalami editan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.