Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Anies Baswedan Pakai Konde

Beredar foto hoaks Anies Baswedan mengenakan konde.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Anies Baswedan mengenakan konde beredar di media sosial. Foto ini disebarkan akun Facebook Al Bial pada 24 Juli 2020.

Dalam foto tersebut, terdapat juga narasi sebagai berikut: PESINDEN 2024, NGAKUNYA SIH ASLI JAWA TAPI BO'ONG.

Akun Facebook Al Bial kemudian menambahkan narasi yang mengaitkan bahwa foto tersebut adalah foto Anies Baswedan.

"Wong ED*N sih bebas...Mau jadi Onta kek... jadi Gudeg kek... Bebasssss......," tulis akun Facebook Al Bial.

Konten yang disebarkan akun Facebook Al Bial telah 1 kali dibagikan dan mendapat 96 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto yang diklaim Anies Baswedan mengenakan konde. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa.

Satu di antaranya artikel berjudul "ANGGUNNYA YUNI SHARA DALAM KEBAYA JAWA KLASIK" yang dimuat situs kapanlagi.com pada 5 Desember 2013.

Namun foto tersebut bukan foto Anies Baswedan. Melainkan foto penyanyi Yuni Shara. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Yuni Shara tampil anggun dalam kebaya Jawa klasik saat menghadiri acara Pagelaran Agung Keraton Sedunia di Hotel Borobudur (5/12/2013).

Berikut fotonya dari artikel "ANGGUNNYA YUNI SHARA DALAM KEBAYA JAWA KLASIK" yang dimuat situs kapanlagi.com:

 

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari situs kapanlagi.com

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Anies Baswedan mengenakan konde ternyata tidak benar. Foto aslinya bukan Anies Baswedan, melainkan Yuni Shara.

Foto yang diunggah akun Facebook Al Bial merupakan hasil suntingan dengan menambahkan wajah Anies Baswedan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini