Sukses

Cek Fakta: Ahli Virus China Sebut Covid-19 Hasil Persekongkolan Jahat, Benarkah?

Beredar klaim bahwa Covid-19 merupakan hasil persekongkolan jahat. Benarkah? Cek fakta dulu sebelum percaya.

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang seorang ahli virus China Li-Meng Yan yang menyebut virus corona Covid-19 merupakan hasil persekongkolan jahat beredar di media sosial.

Klaim ini disebarkan situs swarakyat.com dengan judul artikel "Takut Dibunuh, Ahli Virus China Kabur ke AS: Saya Bersaksi Covid-19 Hasil Persekongkolan Jahat".

Berikut isinya:

SWARAKYAT.COM - Li-Meng Yan, dokter China yang berspesialisasi dalam virologi dan imunologi di Hong Kong School of Public Health, melarikan diri ke Amerika Serikat (AS) sejak 28 April lalu. Ahli virus ini menuduh pemerintah negaranya menutup-nutupi virus corona baru penyebab Covid-19.

Beberapa jam sebelum dia naik pesawat Cathay Pacific 28 April ke Amerika Serikat, dokter terkemuka ini telah merencanakan pelariannya, mengemas tasnya dan menyelinap melewati sensor dan kamera video di kampusnya di Hong Kong.

Dia saat itu sudah membawa paspor dan dompetnya dan akan meninggalkan semua orang yang dicintainya. Jika dia tertangkap, dia tahu dia bisa dijebloskan ke penjara, atau, lebih buruk lagi, menjadikan dirinya salah satu dari "orang yang hilang".

Yan mengatakan kepada Fox News dalam sebuah wawancara eksklusif bahwa dia percaya pemerintah China tahu tentang virus corona jauh sebelum mengklaim itu. Dia mengatakan atasannya, yang terkenal sebagai beberapa ahli top di lapangan, juga mengabaikan penelitian yang dia lakukan pada awal pandemi yang dia percaya bisa menyelamatkan nyawa manusia.

Hingga saat ini virus corona masih menjadi misteri, pasalnya kabar apakah virus itu dibentuk dari alam atau buatan manusia hingga kini belum terjawab. Namun banyak sebagian ahli berpendapat bahwa virus ini buatan manusia.

Seperti dilansir dari Fox News (11/7/2020), hal inilah yang turut diungkap Dr. Li-Meng Yan seorang virologi lulusan Universitas Hongkong yang melakukan penelitian virus dan berhasil melarikan diri ke Amerika Serikat.

Li-Meng Yan mengaku pernah bertugas di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hongkong, laboratorium tempat ia bekerja adalah salah satu laboratorium terbaik di dunia untuk penelitian virus pneumonia Wuhan. Dalam wawancaranya dengan Fox News ia mengungkapkan sejumlah kebenaran yang menakjubkan.

"Alasan saya datang ke AS adalah karena saya menyampaikan pesan kebenaran Covid," katanya kepada Fox News dari lokasi yang dirahasiakan.

Dia menambahkan bahwa jika dia mencoba menceritakan kisahnya di China, dia "akan menghilang dan dibunuh."

Kisah Yan dengan klaim yang luar biasa tentang virus corona yang ditutup-tutupi di tingkat tertinggi pemerintahan bisa mengekspos dorongan obsesif Presiden Xi Jinping dan Partai Komunis China-nya untuk mengendalikan narasi coronavirus, yakni apa yang diketahui China, kapan diketahui dan apa informasi yang diedit yang dijajakan ke seluruh dunia.

"Pemerintah China menolak untuk membiarkan para ahli di luar negeri, termasuk yang di Hong Kong, melakukan penelitian di China," katanya. "Jadi saya menoleh ke teman-teman saya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut."

Yan memiliki jaringan kontak profesional yang luas di berbagai fasilitas medis di China daratan, yang telah tumbuh dan menyelesaikan banyak studinya di sana. Dia mengatakan itu adalah alasan tepat dia diminta untuk melakukan penelitian semacam ini, terutama pada saat dia mengatakan timnya tahu mereka tidak mendapatkan seluruh kebenaran dari pemerintah.

Seorang teman, seorang ilmuwan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di China, memiliki pengetahuan tangan pertama dari kasus-kasus tersebut dan dilaporkan mengatakan kepada Yan pada 31 Desember tentang penularan virus dari manusia ke manusia jauh sebelum China atau WHO mengakui penyebaran semacam itu mungkin terjadi.

Beberapa hari kemudian, pada 9 Januari 2020, WHO justru mengeluarkan pernyataan virus tidak menular dari manusia ke manusia; "Menurut pihak berwenang China, virus tersebut dapat menyebabkan penyakit parah pada beberapa pasien dan tidak mudah menular di antara orang-orang...Ada informasi terbatas untuk menentukan risiko keseluruhan cluster yang dilaporkan ini," isi pernyataan WHO.

Yan frustrasi, tetapi tidak terkejut.

"Saya sudah tahu itu akan terjadi karena saya tahu korupsi di antara organisasi internasional seperti WHO kepada pemerintah China, dan Partai Komunis China," katanya. "Jadi pada dasarnya...saya menerimanya tetapi saya tidak ingin informasi yang menyesatkan ini menyebar ke dunia."

WHO dan China selama ini membantah keras klaim telah menutup-nutupi virus corona.

Kedutaan Besar China di Amerika Serikat mengatakan kepada Fox News bahwa mereka tidak tahu siapa Yan dan menegaskan China telah menangani pandemi secara heroik.

"Kami belum pernah mendengar tentang orang ini," bunyi pernyataan Kedubes China yang di-email tersebut.

"Pemerintah China telah merespons Covid-19 dengan cepat dan efektif sejak wabahnya. Semua upayanya telah didokumentasikan dengan jelas dalam buku putih 'Fighting COVID-19: China in Action' dengan transparansi penuh. Fakta menunjukkan semuanya," klaim Kedubes China.

WHO juga terus membantah melakukan kesalahan selama hari-hari awal virus.

Kementerian Luar Negeri China dan para ilmuwan yang dituduh Yan telah dihubungi Fox News untuk dimintai komentar. Namun, sejauh ini belum merespons.

Yan mengatakan dia akan terus berbicara—tetapi tahu ada target di punggungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang seorang ahli virus China Li-Meng Yan yang menyebut virus corona Covid-19 merupakan hasil persekongkolan jahat.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Li-Meng Yan". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Coronavirus: University of Hong Kong dismisses allegations from former employee that Beijing covered up outbreak" yang dimuat situs scmp.com pada 12 Juli 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Hong Kong University (HKU) membantah klaim dari Li-Meng Yan. Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam, HKU mengkonfirmasi bahwa Yan adalah seorang mahasiswa pascadoktoral yang telah meninggalkan universitas.

"HKU mencatat bahwa isi laporan berita tersebut tidak sesuai dengan fakta-fakta kunci seperti yang kita pahami," bunyi itu.

HKU juga mengklarifikasi bahwa Yan belum melakukan penelitian tentang topik itu di universitas dari Desember hingga Januari.

"Kami selanjutnya mengamati bahwa apa yang mungkin ditekankannya dalam wawancara yang dilaporkan tidak memiliki dasar ilmiah tetapi menyerupai desas-desus."

HKU juga membantah klaim Li-Meng Yan yang menemukan adanya potensi penularan Covid-19 dari manusia ke manusia, namun tidak digubris oleh pejabat setempat.

Menurut pernyataan HKU, Profesor Yuen Kwok-yung dari HKU justru memberi tahu Menteri Kesehatan Hong Kong, Sophia Chan Siu-chee tentang wabah di Wuhan dan mencatat potensi pandemi dan kemiripannya dengan SARS, yang ditularkan antar manusia.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang seorang ahli virus China Li-Meng Yan yang menyebut virus corona Covid-19 merupakan hasil persekongkolan jahat dibantah oleh pihak Hong Kong University.

Menurut keterangan HKU, Yan adalah seorang mahasiswa pascadoktoral yang telah meninggalkan universitas, bukan representasi pihaknya. HKU juga mengklarifikasi bahwa Yan belum melakukan penelitian tentang topik itu di universitas dari Desember hingga Januari.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.