Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Megawati Ingin Mundur dari Jabatan Ketum PDIP karena Menggagas RUU HIP

Liputan6.com, Jakarta - Beredar tangkapan layar yang mengklaim Megawati Soekarnoputri meminta mundur dari jabatan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan (PDIP) karena telah menggagas Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Evi Margaretha Ompusunggu, pada 7 Juli 2020. Pada unggahan tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Mak Banteng Minta Mundur..

Alih-alih Bertanggung Jawab Atas RUU HIP Yang Digagasnya..

siMbok Malah Mundur..

Mau Kemana..?

Kabur..?

#TangkapInisiatorRUUHIP

#TangkapMegawatiBubarkanPDIP

#TolakRUUHIP

#BatalkanRUUHIP

https://m.youtube.com/watch?v=kE47vIN2d4"

Benarkah Megawati minta mundur dari jabatan Ketum PDIP karena menggagas RUU HIP? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Megawati meminta mundur dari jabatan Ketum PDIP karena menggagas RUU HIP, dengan menjadikan tangakapan layar yang diunggah sebagai bahan pencarian menggunakan situs Yandex.

klaim Megawati minta mundur dari jabatan Ketum PDIP karena menggagas RUU HIP

 

Penelusuran mengarah pada Channel Youtube tvOneNews. Channel Youtube tersebut mengunggah video yang di dalamnya terdapat cuplikan tayangan yang sama dengan klaim.

klaim Megawati minta mundur dari jabatan Ketum PDIP karena menggagas RUU HIP

Video yang diunggah, pada 16 November 2018 tersebut diberi judul "Megawati Minta Mundur dari Ketum PDIP". Berikut transkrip narasi yang diucapkan Megawati dalam video tersebut:

"Kalau dilihat-lihat perjalanan politik saya cukup lama, saya menjadi ketua umum partai yang sekarang paling senior. Sudah sekian lama belum belum ganti-ganti, padahal saya sudah berharap untuk diganti karena akibat umur saya yang plus 17 tapi hari ini pun ditambahi tugas untuk pembinaan ideologi pancasila".

Dalam video tersebut Megawati mengaku ingin diganti dari jabatan Ketum PDIP karena usianya sudah tidak muda lagi dan mengemban tugas sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Ideologi Pancasila yang membuat dirinya sibuk.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Megawati minta mundur dari jabatan Ketum PDIP karena menggagas RUU HIP tidak benar. Megawati ingin mundur dari posisi Ketum PDIP karena usianya sudah tidak muda lagi dan sibuk dengan tugasnya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Ideologi Pancasila.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.