Sukses

Cek Fakta: Hoaks Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Main Gim Ular Jika Bosan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Akun Facebook Bek Kajak Atoe Loeng mengunggah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi), kemudian diklaim memberikan imbauan ke masyarakat agar bermain gim ular jika bosan berada di rumah, dalam masa penerapan social distancing untuk meredam penularan Virus Corona Baru (Covid-19).

Dalam foto tersebut, terlihat Presiden Jokowi sedang memberikan pernyataan pada media televisi, disertai dengan keterangan.

"BREAKING NEWS

Jangan Keluar Rumah, Kalau Bosan Main Game "Ular-ular" Saja.

Joko Widodo Presiden RI"

Unggahan foto Akun Facebook Bek Kajak Atoe Loeng diberikan keterangan "Ingat ya ini pesan dari pak pres".

Foto yang diunggah tersebut dibagikan ke grup (PSPS) Pendukung Setia PRABOWO-SANDI, pada 18 Maret 2020.

Benarkah Presiden Jokowi mengimbau masyarakat memainkan gim ular saat bosan di rumah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Presiden Jokowi mengimbau masyarakat memainkan gim ular yang bosan di rumah, menggunakan Google Image.

Penelusuran tersebut mengarah ke artikel berjudul "Indonesians flee quake and tsunami-hit areas with scale of disaster unclear" yang dimuat situs cms.trtworld.com, pada 1 Oktober 2018.

Foto yang diunggah tersebut identik dengan salah satu cuplikan video yang ada di artikel. Dalam video tersebut, Jokowi sedang memberikan keterangan tentang bencana alam tsunami dan gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

Penelusuran gambar diubah menggunakan Yandex. Hasilnya ditemukan foto identik dengan cuplikan video yang dimuat situs vidio.com, dengan judul artikel "Presiden Jokowi Sampaikan Duka Cita atas Bencana Gempa di Donggala - Liputan6 Pagi", pada 29 September 2018.

Berikut keterangan Jokowi dalam video tersebut.

"Pertama-tama saya dan kita semuanya ikut berduka cita atas terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu sekitarnya, tadi saya dapat informasi dari kepala BNPB meskipun informasi itu belum semuanya ada karena memang sulit untuk bertelepon ke sana. Saya tadi mencoba menghubungi Gubernur sejak sore tadi tidak bisa tersambung karena komunikasi terganggu".

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Presiden Jokowi mengimbau masyarakat agar bermain gim ular jika bosan berada di rumah tidak benar. Foto yang unggah untuk mendukung klaim telah disunting.

Foto tersebut merupakan cuplikan video Jokowi yang sedang memberikan keterangan ke awak media terkait bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

4 dari 4 halaman

Tentang Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Hoaks Presiden Jokowi Berlakukan Lockdown 10 Wilayah
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Hoaks Donald Trump Tak Sadarkan Diri Saat Berpidato