Sukses

Cek Fakta: Raja Salman Dikabarkan Meninggal Dunia, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Viral kabar Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud yang akrab disebut Raja Salman meninggal dunia, pada jejaring sosial WhatsApp. Dengan narasi sebagai berikut.

"*Innalilahi Wainna Ilaihi Rajiun*

Telah meninggal Dunia Raja *Salman

Bin Abdul Aziz Al Saud* Semoga

Almarhum diberikan tempat yang terbaik di

Sisi Allah Yang Maha Kuasa.

Amin Ya Rabbal Alamin."

Kabar Raja Salman meninggal juga diunggah akun Facebook Rufi Yansah II ke grup (PSPS) Pendukung Setia PRABOWO - SANDI, pada 10 Maret 2020, dengan keterangan "bener apa hoax ini".

Unggahan tersebut berupa tautan Youtube dengan judul "Innalilahi wainna ilaihirojiun telah berpulang raja arab saudi ke rahmatulloh".

Benarkah Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud meninggal dunia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Raja Salman meninggal dunia. Penelusuran menggunakan Goole Search dengan kata kunci 'Raja Salman meninggal dunia'.

Hasil pencarian mengarah artikel berjudul "Raja Salman Meninggal Dipastikan Hoaks, Kerajaan Arab Saudi Rilis Foto Terbaru" dimuat situs liputan6.com, pada 11 Maret 2020.

Berikut isinya.

"Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dikabarkan meninggal dunia. Namun, kabar meninggalnya Raja Salman itu dipastikan hoaks.

Kerajaan Arab Saudi menepis hoaks meninggalnya Raja Salman dengan merilis sejumlah foto sang raja sedang menjalankan tugas kerajaannya pada Minggu, 8 Maret 2020.

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) mengunggah foto-foto Raja Salman yang memimpin upacara pelantikan Duta Besar Saudi yang baru diangkat ke Ukraina dan Uruguay.

Sebuah sumber yang dekat dengan kepemimpinan Arab Saudi mengatakan kepada AFP bahwa "raja itu sehat dan baik-baik saja," seperti dikutip Rabu (11/3/2020)."

Dalam artikel Liputan6.com, kabar meninggalnya Raja Salman dipastikan hoaks. Menurut artikel tersebut, Kerajaan Arab Saudi menepis hoaks meninggalnya Raja Salman dengan merilis sejumlah foto sang raja sedang menjalankan tugas kerajaannya pada Minggu, 8 Maret 2020.

Pencarian juga mengarah ke artikel berjudul "Dirumorkan Meninggal, Arab Saudi Rilis Foto Raja Salman" yang dimuat situs idntimes.com, pada 9 Maret 2020.

Berikut isinya.

Riyadh, IDN Times - Rumor yang beredar di media sosial bahwa Raja Salman telah meninggal dibantah oleh pihak kerajaan dengan merilis foto laki-laki berusia 84 tahun tersebut pada Minggu (8/3).

Rita Katz, Direktur SITE Intelligence Group (organisasi non-pemerintah asal Amerika Serikat yang menelusuri pergerakan online para jihadis dan kelompok supremasi kulit putih), mencuitkan bahwa ada laporan Raja Salman meninggal pada akhir pekan. Katz menambahkan laporan ini belum dikonfirmasi.

Artikel IDN Times menyebut, untuk membantah kabar Raja Salman meninggal, pihak Kerajaan Arab merilis foto kegiatan laki-laki berusia 84 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar Raja Salman meninggal dunia hoaks, pihak Kerajaan Arab Saudi telah merilis foto kegiatan sang raja untuk membantah kabar tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Viral Sindikat Baru Kuras Tabungan dengan Stiker Call Center di ATM, Benarkah?
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Pesan Berantai Waspada Rampok di Tengah Wabah Corona, Ini Faktanya