Sukses

Cek Fakta: Wisatawan di Bandara Ngurah Rai Terjangkit Virus Corona? Ini Faktanya

Viral, kabar tentang wisatawan terjangkit virus corona di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang seorang wisatawan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali terkena virus corona beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan oleh akun instagram @balichannel pada 12 Februari 2020 lalu.

Akun ini mengunggah video yang memperlihatkan seorang wisatawan terkapar menahan rasa sakit di suatu tempat. Wisatawan tersebut diklaim terjangkit virus corona saat berada di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Akun instagram @balichannel menambahkan sebuah narasi dalam video yang diunggahnya.

"Seorang wisatawan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tiba-tiba jatuh pingsan, Selasa (11/2/2020) malam. Kondisi wisatawan tersebut membuat orang disekitarnya merasa was-was karena takut wisatawan tersebut terkena virus Corona," tulis akun instagram @balichannel.

Konten yang diunggah akun @balichannel telah 28.399 kali dilihat dan dipenuhi komentar warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kabar tentang wisatawan yang diklaim terkena virus corona dan video yang disebarkan akun instagram @balichannel.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs pencari google images. Hasilnya, terdapat sejumlah artikel yang menjelaskan mengenai peristiwa tersebut.

Adalah artikel berjudul "VIRAL WNA Terbujur Lemas Kesakitan di Bandara Ngurah Rai, Dikelilingi Petugas, Ini Kata Manajemen" dari tribunnews.com yang menjabarkan peristiwa tersebut.

TRIBUNNEWS.COM - Beredar sebuah video seorang WNA terjatuh dan kesakitan di area publik terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Pada video itu ditulis “Seorang wisatawan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tiba-tiba jatuh pingsan, Selasa (11/2/2020) malam. Kondisi wisatawan tersebut membuat orang disekitarnya merasa was-was karena takut wisatawan tersebut virus corona.”

Dikonfirmasi Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Arie Ahsanurrohim, Rabu (12/2/2020) membenarkan perihal kejadian tersebut.

“Kejadiannya dinihari tadi pukul 01.00 WITA. Yang bersangkutan (pria pada video) mengalami back pain dan tidak benar kalau pingsan,” jelas Arie.

Ia menambahkan kejadiannya terjadi di publik area kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

“Kejadiannya begitu cepat dan yang bersangkutan yang merupakan WN Korea Selatan sudah ditangani oleh salah satu provider travel services di Bali dan langsung di bawa ke RS Siloam,” ungkap Arie.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Wisatawan yang tampak kesakitan di dalam video ternyata tidak terkait virus corona. Wisatawan asal Korea Selatan itu mengalami sakit di bagian punggung.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.