Sukses

[Cek Fakta] DPR Tolak Usulan Kotak Suara Berbahan Kardus, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan, kabar soal kotak suara berbahan kardus untuk Pemilu 2019 mendatang ramai di media sosial. Salah satunya seperti yang diunggah oleh akun Facebook bernama Raka Rai.

Dalam unggahannya, ia menyisipkan gambar berita dari Detik.com dengan judul DPR: Menolak semua usulan dari fraksi PDIP Untuk mengusulkan kotak suara dari kardus. Tak lupa, ia juga menyertakan foto dari artikel tersebut.

"AYO VIRALKAN...SEBANYAK-BANYAKNYA.....!!!

Naaah ketemu nih beritanya! DPR menolak kotak suara dr kardus, tinggal DPT orang gila,bpk/ibu DPR ayuu tolak juga,!! Yg waras aja masa orang gila nyoblos....

#Tumbangkan_PDIP

#WaspadaKecuranganPDIP

#PDIP_Laknatullah" tulis Raka Rai dalam unggahannya tersebut.

Tulisan dan foto diunggah Raka Rai pada hari ini, Selasa (18/12/2108). Unggahan ini pun sudah dibagikan sebanyak 26 kali dan mendapat tanda suka dari enam orang. Sejauh ini, belum ada satu pun orang mengomentari unggahan Raka Rai.

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran kabar berita dan foto tersebut. Dan ternyata, judul dari artikel sebenarnya sengaja diubah atau diedit.

Berita yang aslinya dimuat Detik.com diubah judulnya. 

Judul artikel sebenarnya adalah KPU: Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara 'Kardus'. Berita tersebut diunggah pada Minggu, 16 Desember 2016 lalu.

[Cek Fakta] Hoaks DPR Tolak Usulan Kotak Suara Kardus

Selain itu, dalam akun Instagram @jabarsaberhoaks juga telah memposting jika berita dan foto yang diunggah Raka Rai bukan berita sebenarnya, melainkan sudah diubah atau diedit judulnya. Unggahan itu diposting pada Senin, 17 Desember 2018 kemarin.

"[Salah]

DPR menolak semua usulan Fraksi PDIP soal Kotak Suara dari Kardus [Penjelasan]Beredar informasi dari sosial media WA dan Facebook, adanya gambar capture berita dari detiknews.com bahwa “DPR : menolak semua usulan dari fraksi PDIP untuk mengusulkan kotak suara dari kardus”. Dari hasil pantauan tim Jabar Saber Hoaks, berita itu tidak benar.

[Klarifikasi]

Tim Jabar Saber Hoaks berhasil mengklarifikasi berita yang viral di media sosial, bahwa capture dari laman berita detiknews.com yang tersebar itu telah diganti judul aslinya dengan menggunakan gambar yang sama. Judul berita asli dari gambar tersebut yang di unggah oleh detiknews.com adalah “KPU: Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara 'Kardus'”. link Sumber Klarifikasi : https://bit.ly/2UPZE0n

#SeninAntiHoaks #JabarHantamHoaks #JabarJuaraLahirBatin"

 

 
 
 
View this post on Instagram

[Salah] DPR menolak semua usulan Fraksi PDIP soal Kotak Suara dari Kardus [Penjelasan] Beredar informasi dari sosial media WA dan Facebook, adanya gambar capture berita dari detiknews.com bahwa “DPR : menolak semua usulan dari fraksi PDIP untuk mengusulkan kotak suara dari kardus”. Dari hasil pantauan tim Jabar Saber Hoaks, berita itu tidak benar. [Klarifikasi] Tim Jabar Saber Hoaks berhasil mengklarifikasi berita yang viral di media sosial, bahwa capture dari laman berita detiknews.com yang tersebar itu telah diganti judul aslinya dengan menggunakan gambar yang sama. Judul berita asli dari gambar tersebut yang di unggah oleh detiknews.com adalah “KPU: Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara 'Kardus'”. link Sumber Klarifikasi : https://bit.ly/2UPZE0n #SeninAntiHoaks #JabarHantamHoaks #JabarJuaraLahirBatin

A post shared by Jabar Saber Hoaks (@jabarsaberhoaks) on

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Pemilik akun bernama Raka Rai mengubah judul dari artikel yang dimuat Detik.com beberapa waktu lalu. Yang isinya sama sekali berbeda. 

 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Israel Bombardir Pasukan Iran di Suriah

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ketua KPU: Kotak Suara Kardus Pemilu 2019 Sudah Sesuai Fungsinya
Artikel Selanjutnya
4 Fakta Kotak Suara Kardus untuk Pemilu 2019