Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Video Murid-Murid Buang Air Besar di Lorong Sekolah

Liputan6.com, Jakarta Di media sosial, terutama Facebook, sedang ramai beredar sebuah video yang menampilkan siswa-siswi berlarian di lorong sekolah. Tidak hanya berlarian, mereka juga tak kuat menahan untuk buang air besar di berbagai tempat di lorong sekolah, baik di lantai, tong sampah hingga loker penyimpanan.

Mereka semua terlihat tidak dapat menahan rasa mulasnya, tak sedikit yang terlihat menangis dan menahan rasa malu. Diduga, hal itu terjadi akibat meminum jus jeruk yang sudah dicampur dengan pencahar oleh seorang anak yang pernah mereka bully.

Salah satu akun pengunggah video itu adalah laman Selamat Datang di Internet. Unggahannya itu telah ditayangkan sebanyak 1,9 juta kali dan dibagikan sebanyak 26.245 kali per tulisan ini dimuat.

"Seorang anak yang di-bully satu sekolah, membalaskan ke teman-temannya dengan memberi cairan laksatif kuda ke jus jeruk di sekolahannya," tulis laman tersebut dalam caption.

Warganet pun membanjiri kolom komentar dengan mendukung pembalasan dendam anak yang di-bully tersebut. Mereka mengambil pelajaran dari video ini untuk tidak sembarangan mem-bully seseorang jika tidak ingin menerima balas dendam yang menjijikkan seperti itu.

Namun, apakah betul peristiwa di video tersebut benar-benar terjadi?

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Dari hasil penelusuran, ditemukan bahwa video itu sebenarnya tidak merekam siswa asli di sekolah nyata yang menderita diare parah akibat pencahar. Video itu merupakan potongan dari serial mokumenter Netflix berjudul American Vandal. Peristiwa tersebut merupakan adegan rekaan yang diperankan oleh aktor dan aktris.

American Vandal merupakan serial mokumenter yang dibuat seperti dokumenter kriminal, tetapi tidak berfokus pada kejahatan seperti pembunuhan, melainkan menampilkan perilaku negatif remaja seperti pranks dan vandalisme.

Musim kedua dari serial tersebut mulai tayang beberapa minggu sebelum video di atas viral, dengan episode pertama berjudul "Brown Out". Sebuah artikel di New Yorker menggambarkan adegan pembuka dari episode tersebut.

"Saya merasa mual melihat adegan pembuka di musim baru American Vandal. Bukan hanya karena menampilkan kantin penuh dengan remaja yang buang air besar bersamaan. Dalam adegan yang disebut Brownout tersebut, murid-murid diracuni dengan jus jeruk yang sudah dicampur pencahar, menderita diare, dan semua itu direkam dan dibagikan secara real-time di media sosial," tulis artikel tersebut.

Beberapa adegan dari video itu juga dapat dilihat dalam trailer dari musim kedua serial tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video murid-murid berlarian dan buang air besar di lorong sekolah tidak terjadi di dunia nyata, melainkan adalah potongan adegan dari musim kedua sebuah serial Netflix berjudul American Vandal yang tayang beberapa minggu sebelum video itu viral.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks, Bukti Masuk Jembatan Tol Suramadu Bayar
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Video Nelayan Rekam Lion Air JT 610 Jatuh