Sukses

Jepang dan Korsel Bertanding di Arena Pantanal [9]

Wakil Asia Jepang dan Korea Selatan bakal bertanding di stadion baru Arena Pantanal. Jepang ditantang Kolombia, sementara Korsel vs Rusia.

Sejak pertama kali panitia pelaksana Piala Dunia 2014 Brasil dan FIFA menunjuk Arena Pantanal sebagai tempat untuk ajang laga Piala Dunia, penguasa Kota Cuiaba langsung menyanggupi dan menyodorkan konsep hijau.

Stadion lama yang sudah berdiri sejak 1976 silam, Estadio Jose Fragelli, pada 2010 dirobohkan total dan diganti dengan stadion baru berkonsep hijau ramah lingkungan. Stadion baru ini kemudian dijuluki O Verdao atau The Big Green. Kawasan stadion di empat bidang sudutnya dipenuhi dengan tanaman rimbun dan pohon-pohon nan hijau.



Arena Pantanal dibangun dengan pendekatan ramah lingkungan yang berkelanjutan. Material yang digunakan untuk konstruksi berasal dari bahan yang bisa didaur ulang. Bahkan bahan-bahan bangunannya diklaim bersertifikat terkait predikat ramah lingkungan.



Selain untuk ajang Piala Dunia 2014, Arena Pantanal dengan area tertutupnya juga dipersiapkan untuk multievent, seperti pertunjukan, pameran, dan menjadi markas klub lokal Mixto Esporte dan Operario.  

Ajang Pertandingan Piala Dunia

Arena Pantanal ada di Kota Cuiaba, ibukota negara bagian Mato Grosso. Cuiaba didirikan tahun 1719 lampau. Kota Cuiaba dengan sejumlah bangunan kunonya dinyatakan sebagai warisan bersejarah yang dilindungi sejak 1992 silam.
 
Kota Cuiaba yang dijuluki sebagai 'Green City' itu selalu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Di Cuiaba ada 3 ekosistem utama yang menjadi ciri khas Brasil: padang savana dari Cerrado, lahan basah Pantanal, dan Amazon.



Eksistensi Kota Hijau Cuiaba sejalan dengan kehadiran stadion baru Arena Pantanal.

Stadion baru Arena Pantanal yang dibangun dengan biaya US$ 240 juta itu mempunyai kemampuan daya tampung bagi 42.968 penonton.



Pada ajang Piala Dunia 2014 mendatang, Arena Pantanal bakal menggelar laga Chile versus Australia 13 Juni. Kemudian pada 17 Juni ada partai Rusia versus Korea Selatan. Sementara elang Afrika Nigeria akan menjajal ketangguhan wakil dari kawasan Balkan: Bosnia-Herzegovina pada 21 Juni. Wakil dari Asia, Jepang akan menantang Kolombia pada 24 Juni juga di Arena Pantanal ini. (*Dari berbagai sumber)

Baca juga:

Jerman dan Italia akan Tanding di Arena Purnambuco [8]
Grup Neraka akan Bertanding di Stadion Beira-Rio [7]
Estadio Fonte Nova, Stadion di Kota Tua Salvador [6]
Stadion  Mineiro Pun Disulap Jadi Megah [5]
Stadion Castelao Bakal Jadi Ajang Laga Para Jawara Dunia [4]
Pesta Sepakbola Sejagad Dibuka di Stadion Corinthians [3]
Stadion Modern itu Bernama Mane Garrincha [2]
Stadion Maracana Termegah di Brasil [1]








* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini