Sukses

Buru Kursi Presiden Ukraina, Vitali Klitschko Pensiun dari Tinju

Ia akan maju dalam pemilu Ukraina pada 2015 mendatang.

Vitali Klitschko melepas sabuk juara kelas berat WBC miliknya. Petinju asal Ukraina itu pensiun dari ring tinju karena ingin mencalonkan diri sebagai Presiden Ukraina pada pemilu 2015 mendatang.

"Saya ingin berterima kasih pada WBC dan presidennya, Don Jose Sulaiman, atas dukungannya pada perjuangan kami untuk demokrasi dan kebebasan di Ukraina," kata Klitschko seperti dilansir ESPN, Rabu (18/12/2013)

Klitschko tak pernah bertanding dalam 15 bulan terakhir. Ia pun disebut sebagai juara emeritus (tak aktif) WBC. Artinya, dia masih berhak atas gelar juaranya, andai kelak memutuskan kembali ke ring tinju.

"Merupakan kehormatan besar untuk memegang gelar WBC dan saya selalu melakukannya dengan kebanggaan."

Tawaran dari WBC memberi saya kemungkinan secara teori untuk kembali bertinju, yang sama sekali tidak bisa saya bayangkan pada kondisi saat ini. Sekarang, konsentrasi saya sepenuhnya pada dunia politik di Ukraina, dan saya merasa rakyat membutuhkan saya," kata dia.

Sepanjang kariernya, Klitschko telah tampil dalam 47 pertarungan. Ia memenangi 45 laga dan baru kalah dua kali, dari Lennox Lewis dan Chris Byrd. Laga terakhir dari kakak Wladimir Klitschko itu saat melawan Manuel Charr pada 8 September 2012.

Meski berprofesi sebagai petinju, namun Klitschko juga seorang akademisi. Ia adalah petinju pertama dalam sejarah yang mempunyai gelar PhD.

Baca Juga
1. Tim Panahan Indonesia Gagal Penuhi Target
2. Krisis Bek Man City Kian Dalam
3. Kobe Bryant Gemilang, Lakers Menang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini