Sukses

Jerman dan Italia akan Tanding di Arena Pernambuco [8]

Kota Recife punya stadion baru bernama Arena Pernambuco. Kota seni yang kerap menggelar tradisi karnaval ini jadi tuan rumah Piala Dunia.

Kota Recife ibukota negara bagian Pernambuco rasanya beruntung ditunjuk sebagai salah satu tempat penyelenggaraan pesta pertandingan sepakbola sejagad Piala Dunia 2014. Sejak ditunjuk panitia Piala Dunia dan FIFA, Recife segera berbenah dan mulai Oktober 2010 membangun stadion baru nan modern, apik, dan megah. Stadion yang juga menjadi pusat aktivitas olahraga itu diresmikan 22 Mei 2013 lalu.



Recife ada di timur laut Brasil. Kota indah ini merupakan kota keempat terbesar di Negeri Samba.



Kota Recife (bahasa Portugis: karang) amat penting bagi perekonomian Brasil. Pembangunan Recife terkait dengan kedatangan Bangsa Belanda bersama usaha dagang Negeri Kincir Angin itu yang bernama West India Company 1637 silam. Kehadiran Belanda sekaligus membangun jembatan, kanal, tanggul. Jadilah Recife yang mewarisi arsitektur ala Belanda itu seperti Venice. Kini Recife sering disebut juga Brasil Venice dengan pantai nan indah Boa Viagem, dan ada pula Porto de Galinhas tempat wisata pantai yang amat terkenal di Brasil.  

Stadion Piala Dunia Arena Pernambuco

Setelah resmi menjadi stadion untuk laga Piala Dunia 2014, Arena Pernambuco langsung dijajal untuk menggelar pertandingan perdana. Skuat tuan rumah Nautico menjamu tim Sporting Portugal.



Stadion yang rancang arsitek Daniel Fernandes ini berada di kawasan Sao Lourenco da Mata, Pernambuco, Recife. Sang arsitek merancang stadion apik ini dengan kapasitas penonton 42.849 orang.

Di area kompleks stadion, diperlengkapi dengan sarana untuk bersantai dan restoran. Ada juga pusat perbelanjaan dan gedung pertunjukan film di Sao Laurenco da Mata di zona metropolitan Recife. Lokasi stadion hanya sekitar 19 km dari Bandara Internasional Guararapes.



Arena Pernambuco akan dipakai untuk pergelaran Piala Dunia 2014 mulai 14, 20,23, 26, dan 29 Juni tahun depan. Negara-negara peserta Piala Dunia yang akan berlaga di Arena Pernambuco antara lain Italia, Kroasia, Amerika Serikat, Pantai Gading, Jepang, Kosta Rika, Jerman, dan Meksiko.

Sebelumnya, Arena Pernambuco sempat dipakai untuk ajang pertandingan Piala Konfederasi Juni 2013 lalu.(*Dari berbagai sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini