Sukses

Jual Sepatu Legendaris Jordan, Ball Boy Raih Rp 1,3 Miliar

Sepatu yang dikenakan legenda NBA Michael Jordan di final NBA 1997 laku senilai 104.765 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar.

Sepatu yang dikenakan legenda NBA Michael Jordan di final NBA 1997 laku senilai 104.765 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar dalam sebuah lelang. Adalah seorang ball boy bernama Preston Truman yang sukses meraih untung besar dari penjualan tersebut.

The Nike Air Jordan XII dipakai Jordan saat final NBA 1997 antara klubnya, Chicago Bulls melawan Utah Jazz. Pertandingan ini dikenal dengan istilah "flu game" karena Jordan saat itu mengalami sakit flu, tetapi kemudian tampil gemilang dan menyumbangkan 38 poin buat Bulls.

Usai pertandingan, Truman mendekati Jordan dan meminta sepatunya. Jordan pun memberikannya dan Truman menyimpan sepatu itu selama 15 tahun di kotak deposit. Seperti dilansir NBC Sports, ia sempat menolak tawaran sebesar 11.000 dollar AS untuk sepatu itu.

Sepatu dengan kombinasi warna merah dan hitam lengkap dengan tanda tangan Jordan tersebut merupakan salah satu item yang dilelang oleh balai lelang Grey Flannel. Dan Truman pun mengaku sangat senang dengan untung besar yang diraihnya.

Laman ESPN yang dikutip Jumat (13/12), menyebut hasil lelang ini menumbangkan rekor sepatu bekas pakai yang juga dipegang Jordan senilai USD 31.070 sekitar Rp 372 juta. Truman memperkirakan tingginya harga sepatu karena dia memiliki bukti otentik. Bukti tersebut berupa foto yang mengambarkan Jordan tengah membubuhkan tanda tangan di bagian samping kiri sepatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini