Sukses

Format Kompetisi ISL Diputuskan Desember

"Tentang format kompetisi akan diputuskan pada 10 Desember, apakah kompetisi satu wilayah atau dua wilayah," ujar Joko Driyono.

Kompetisi Indonesia Super League musim 2013/2014 dipastikan akan digelar pada awal 2014. Namun, kompetisi antar klub di Indonesia itu masih menyisakan misteri.

Format kompetisi yang akan digunakan nanti masih belum diketahui, apakah satu atau dua wilayah. Jumlah peserta kompetisi diperkirkan mencapai 22 tim dan minimun 15 tim. Jika dengan 22 tim menggunakan format satu wilayah, maka kompetisi akan berakhir Maret 2015.

Terkait sistem kompetisi, PSSI Pusat masih menunggu hasil verifikasi 25 tim. Proses verifikasi akan berlangsung 25 November hingga 5 Desember.

"Tentang format kompetisi akan diputuskan pada 10 Desember, apakah kompetisi satu wilayah atau dua wilayah. Kompetisi dimulai pada minggu keempat Januari 2014," kata Sekjen PSSI, Joko Driyono.

Menurut Joko, berdasarkan peraturan dari AFC jumlah pertandingan tiap klub dalam kompetisi minimal 27 laga. Karena itu, dengan minimun 15 tim, total jumlah pertandingan tiap klub minimal 28 laga.

Sementara dengan format dua wilayah, tiap grup diisi 11 tim. Empat tim terbaik tiap wilayah, lolos ke babak 8 Besar. Pada fase ini akan digelar sistem home and away.

Kemudian, dua tim terbaik tiap grup lolos ke semifinal dengan sistem home and away. Partai final akan berlangsung di tempat netral. "Namun, jika dua wilayah, PT Liga akan menggelar Piala Indonesia," ujarnya. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini