Sukses

Berapa Jumlah Klub ISL Musim Depan? Ini Jawaban PSSI

Jumlah klub ISL musim depan minimal 18 klub.

PSSI membeberkan soal berapa banyak klub yang akan main di liga unifikasi Indonesia Super League (ISL) musim depan, Minggu (27/10/13). Menurut Sekjen PSSI, Joko Driyono, liga unifikasi Indonesia Super League (ISL) tahun depan minimal akan diikuti 18 klub. Semua itu bergantung dari hasil verifikasi yang mulai dilakukan pada Desember.

Menurut rencana, verifikasi akan dilakukan satu bulan setelah 25 klub, masing-masing 18 klub ISL, dan tujuh klub Indonesian Premier League (IPL), berkumpul pada awal November.

Verifikasi nantinya akan melihat kondisi lima aspek, yakni finansial, hukum, administrasi, infrastruktur, dan pembinaan usia muda. Jokdri, sapaan Joko, menyatakan, pihaknya akan tegas dalam melakukan verifikasi.

Dengan demikian, berkaca dari kondisi klub yang ada di Indonesia, kemungkinan tidak lebih dari 22 klub yang bisa lolos dari verifikasi. Kendati demikian, Jokdri menyatakan, ISL 2014 akan diikuti 18 klub, sekalipun yang lolos verifikasi hanya 15 klub.

"Kami tidak hanya tegas di sisi finansial, tapi semua [aspek] juga harus tegas. Kalau 22 klub lolos verifikasi, maka opsi dua wilayah akan diterapkan,” ujar Jokdri seperti dikutip Goal.com.“Jika yang lolos nanti, misalnya 15 klub, maka tiga klub terbaik dari yang gagal lolos verifikasi akan dimasukkan untuk mengisinya.”

“Standarisasi [verifikasi] itu juga harus mempertimbangkan peningkatan, dan integritas kompetisi. Jangan sampai verifikasi menyebabkan banyak anggota teramputasi. Ini akan menyebabkan adanya tirani baru di organisasi. Kami harus terus mendesak klub-klub untuk tumbuh. PSSI menjadi bagian bersama dengan klub. Kami tidak boleh menjadi orang asing di mata klub," tambahnya. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini