Sukses

Aleksey Dreev Juara IOCC 2013, Santo Hanya Peringkat 18

Grand Master (GM) Alexey Dreev keluar menjadi juara IOCC 2013 setelah menyelesaikan babak yang ke-11 pada hari ini dengan total poin 8,5.

Setelah berlangsung selama delapan hari, Indonesia Open Chess Championship 2013 resmi ditutup pada Kamis (17/10/2013). Grand Master (GM) Alexey Dreev keluar menjadi juara IOCC 2013 setelah menyelesaikan babak yang ke-11 pada hari ini.

Pada laga terakhir, Aleksey hanya mampu bermain remis dengan GM Gopal asal India, sehingga menutup total poin 8,5. Gelar juara yang diraih Aleksey bertambah sempurna karena mampu mengalahkan pecatur unggulan pertama, yaitu GM Alexander Moiseenko asal Ukraina yang finis di urutan kedua. Sedangkan unggulan kedua, GM Nigel Short asal Inggris, berada di posisi ketiga. Keduanya sama-sama mengemas poin 7,5.

"Sejak semula saya hanya ingin bermain baik dan semua yang bermain disini sangat hebat. Jadi saya senang dengan kemenangan ini," ujar Dreev di Hotel Syahid, Kamis (17/10/2013).

Sementara, pecatur Indonesia GM Susanto Megaranto gagal memenuhi target untuk bisa masuk di posisi sepuluh besar. Santo diklasemen akhir hanya berada di peringkat 18. Namun, perolehan ini lebih baik jika mengacu pada daftar unggulan dalam IOCC yang menempatkannya di posisi 20, dengan total poin 7.

"Laga terakhir berakhir remis karena posisi saya dan lawan permainannya imbang, ini hasil lumayan bagi saya, karena bagi saya sejauh ini sudah bermain semaksimal mungkin, dan menurut saya ini merupakan target perbaikan rangking, karena pesaingnya GM semua," ujar Santo.

Raihan Susanto sekaligus mencatatkan diri sebagai pecatur Indonesia terbaik dalam kejuaraan ini. Sebab, atlet Indonesia lainnya masih berada di bawah Santo. (Jef)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini