Sukses

Duel Hidup-Mati Bulgaria dan Ceko

Praktis Bulgaria dan Ceko hanya bisa berharap menjadi runner-up sehingga ikut play-off.

Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa akan memainkan laga terakhir pada hari Selasa (15/10). Bulgaria dan Republik Ceko bakal melakoni laga hidup-mati untuk membuka peluang lolos ke Brasil.

Kedua tim tergabung di Grup B. Satu tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2014 di Grup B sudah dipastikan menjadi milik Italia sejak bulan lalu. Praktis Bulgaria dan Ceko hanya bisa berharap menjadi runner-up sehingga ikut play-off. Posisi runner-up Grup B tidak hanya diperebutkan oleh Bulgaria dan Ceko. Dua tim lainnya Denmark dan Armenia juga masih punya peluang.

Melihat perolehan poin sementara, Bulgaria yang punya peluang besar lolos. Mereka saat ini ada di posisi dua dengan 13 angka, unggul selisih gol dari Denmark. Ceko menempati urutan keempat dengan 12 poin, sama dengan perolehan Armenia.

Kemenangan akan menjamin Bulgaria finis sebagai runner-up. Sedangkan Ceko, selain harus menang juga menggantungkan nasib pada Denmark. Ceko baru akan lolos bila menang atas Bulgaria dan Denmark gagal meraih poin penuh ketika menjamu tim juru kunci Malta. Armenia yang berada di posisi paling sulit. Mereka harus bertandang ke Italia dan wajib menang.

Bulgaria sebenarnya bisa mengunci posisi runner-up seandainya pekan lalu menang ketika dijamu Armenia. Namun apa daya mereka malah kalah 2-1. Yang lebih menyakitkan, dua pemain penting Bulgaria, Nikolay Badurov dan Svetoslav Dyakov, diusir wasit sheingga harus absen ketika Ceko datang berkunjung.

Sedangkan di kubu Ceko, pasukan Josef Pesice sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Pekan lalu mereka mencukur Malta 4-1 sehingga menghidupkan peluang menjadi runner-up Grup B. Pesice akan kembali mengandalkan duet Vaclav Kadlec dan David Lafata untuk membuat Bulgaria menangis.

Kiper veteran Petr Cech diharapkan dalam bentuk penampilan terbaiknya untuk menghadang serangan-serangan Bulgaria yang dipimpin oleh Emil Gargorov. Ceko punya catatan bagus saat dijamu Bulgaria. Pada tahun 2000, mereka berhasil menang 1-0 di kandang Bulgaria yang mana pada saat itu kedua tim juga bertemu di kualifikasi Piala Dunia. (berbagai sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.