Sukses

32 Negara Minat Jadi Tuan Rumah Laga Piala Eropa 2020

Italia, Polandia, Portugal, Spanyol, dan Ukraina telah mengajukan lebih dari satu kota. Sementara Prancis justru hanya mengusulkan Lyon.

Badan Sepakbola Eropa atau UEFA mengungkapkan ada 39 kota dari 32 negara yang telah menyatakan minat menjadi tuan rumah pertandingan Piala Eropa 2020. Kompetisi ini akan dipertandingkan di seluruh benua Eropa, bukan di satu negara, dan London, Roma, Muenchen, Barcelona, Amsterdam, dan Madrid adalah kota-kota yang telah diajukan sebagai calon tuan rumah.

Italia, Polandia, Portugal, Spanyol, dan Ukraina telah mengajukan lebih dari satu kota. Sementara Prancis justru hanya mengusulkan Lyon, sementara Paris tidak.

Presiden UEFA Michael Platini senang dengan antusiasnya tinggi untuk menjadi bagian dari acaya yang akan menandai ulang tahun ke-60.

"Kami sangat bangga melihat minat yang besar dalam proses tender, dengan lebih dari setengah anggota UEFA bersedia untuk menjadi tuan rumah pertandingan Piala Eropa 2020," kata Platini seperti dimuat situs resmi UEFA dan dilansir Goal, Jumat (20/9/13).

"Final akan menjadi perayaan besar sepakbola di seluruh benua Eropa, dan edisi ulang tahun ke-60 akan benar-benar khusus, dengan benar-benar datang ke depan pintu semua penggemar sepakbola."

Komite Eksekutif UEFA akan memutuskan 13 kota yang akan menjadi tuan rumah pada September 2014. Setiap kota dapat diberikan satu dari 12 paket standar yang mencakup tiga pertandingan grup dan satu pertandingan knock-out, atau paket semifinal dan final.

Daftar negara yang berminat menjadi tuan rumah laga Piala Eropa 2020:

Armenia (Yerevan), Azerbaijan (Baku), Belarus (Minsk), Belgia (Brussel), Bulgaria (Sofia), Kroasia (Zagreb), Republik Ceko (Praha), Denmark (Copenhagen), Inggris (London), Finlandia (Helsinki) , Perancis (Lyon), Bekas Republik Yugoslavia Makedonia (Skopje), Jerman (Munich), Yunani (Athena), Hongaria (Budapest), Israel (Yerusalem), Italia (Roma dan Milan), Kazakhstan (Astana), Belanda (Amsterdam ), Polandia (Warsawa dan Chorzow), Portugal (Lisbon dan Porto), Republik Irlandia (Dublin), Rumania (Bucharest), Rusia (Saint Petersburg), Skotlandia (Glasgow), Serbia (Belgrade), Spanyol (Madrid, Barcelona, Bilbao dan Valencia), Swedia (Solna), Swiss (Basel), Turki (Istanbul), Ukraina (Kyiv dan Donetsk) dan Wales (Cardiff).







* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • UEFA atau Union of European Football Associations, dalam bahasa Indonesia disebut Uni Sepak Bola Eropa,

    UEFA

  • Piala Eropa 2020 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 11 kota dan 11 negara
    Piala Eropa 2020 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 11 kota dan 11 negara

    Piala Eropa 2020

Video Terkini