Sukses

Lawan Uni Emirat Arab, Timnas U-19 Bawa 20 Pemain

Pelatih Timnas U-19 Indra Syafri ingin memantau dan mengasah mental bertanding para pemain saat menghadapi Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia U-19 terus bersiap guna mengikuti kejuaraan Piala AFF U-19 2013 di Surabaya, Jawa Timur, September mendatang. Salah satunya, tim asuhan Indra Syafri ini akan menghadapi Timnas Uni Emirat Arab U-19 di Malaysia, Selasa (20/8) besok. Pada laga uji coba tersebut, Indra tidak membawa 32 pemain yang ada saat ini.

"Sesuai dengan permintaan pihak Uni Emirat Arab, kami hanya akan membawa 20 pemain," kata Indra, Senin (19/8/13). "Pemain sisanya tetap menjalani latihan di Sidoarjo dengan ditangani asisten pelatih."

Menurut Indra, tidak ada target khusus dari laga ini. Ia hanya ingin memantau permainan dan mengasah mental bertanding para pemain untuk dijadikan bahan evaluasi pembentukan tim utama.

Sebelumnya, ada 37 pemain yang mengikuti seleksi di Sidoarjo. Namun, lima pemain terdepak karena mengalami cedera dan kalah bersaing. Indra mengungkapkan, dua dari lima pemain yang terdepak pernah bergabung dalam proyek PSSI di klub Uruguay, Sociedad Anonima Deportiva (SAD), yakni M. Junda dan Bagas.

Kedua pemain itu tidak bisa melanjutkan seleksi karena cedera. Dokter tim telah merekomendasikan kepada mereka untuk istirahat minimal tiga pekan. "Dengan begitu, tidak mungkin mereka bisa bertanding di Piala AFF yang berlangsung 9-23 September 2013. Kami hanya mempertahankan pemain yang kondisinya benar-benar bugar dan sehat," ucap Indra.

Sedangkan tiga pemain lain tersingkir karena kualitasnya kalah bersaing. Mereka adalah Makarius (Perseman Manokwari U-21), Firmansyah (Persija Jakarta U-21), dan Mulyana (Cirebon).

Indra menjelaskan, pencoretan pemain merupakan hasil evaluasi tim pelatih usai melihat penampilan mereka saat uji coba melawan tim sepakbola Jatim proyeksi PON 2016 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (17/8) lalu.

Sebetulnya, rencana awal akan ada tujuh pemain yang dicoret. Namun dua pemain lain nasibnya akan diputuskan usai uji coba melawan Timor Leste atau Gresik United U-21. "Jadi, saat ini masih ada 32 pemain yang mengikuti pemusatan latihan dan akan dipantau lagi untuk pembentukan tim inti menuju Piala AFF U-19," ujar Indra.(Bog)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini