Sukses

Federer Susah Payah ke Babak Semifinal

Unggulan pertama turnamen Hamburg Terbuka Roger Federer melangkah ke babak semifinal dengan susah payah.

Petenis unggulan pertama ajang Hamburg Terbuka Roger Federer ternyata tak mudah untuk bisa melenggang ke babak semifinal. Florian Mayer petenis tuan rumah menghadangnya dan memaksanya bermain ketat. Namun akhirnya Federer berhasil menumbangkan perlawanan Mayer di laga lapangan tanah liat ini.

Petenis asal Swiss ini melangkah ke babak semifinal mengalahkan Mayer dengan skor 7-6 (7/4), 3-6, dan 7-5 di partai perempatfinal. Turnamen ini merupakan yang pertama diikuti Federer setelah kalah di babak ketujuh grandslam Wimbledon lalu.

Lawannya di perempatfinal Hamburg Terbuka ini tak bisa dianggap enteng. Mayer adalah petenis ranking 45 dunia. Meski levelnya jauh di bawah Federer yang bertengger di posisi ke-5 dunia. Mayer sendiri sempat melepaskan enam ace atau tiga kali lebih banyak dari Federer. Namun pertahanan petenis asal Swiss yang kokoh itu berhasil mengungguli tiga dari lima break point di set ketiga.  

Federer tercatat pernah menjadi jawara 4 kali di Hamburg selama 32 kali tampil, pada tahun 2002, 2004-2005, dan 2007. Di turnamen berikutnya, Federer hanya menduduki posisi runner-up setelah dikalahkan Rafael Nadal.  

Di partai semifinal, seperti diberitakan AFP, Federer ditantang petenis asal Argentina Federiaco Delbonis. Babak semifinal akan berlangsung Sabtu (20/7/2013) ini.

Sementara itu petenis unggulan kedua asal Jerman Tommy Haas tersisih di perempatfinal menyerah dalam dua set langsung, 6-2, 6-4 dari petenis unggulan ke-12 asal Italia Fabio Fognini. Petenis dari Negeri Pizza ini sukses memenangi turnamen ATP pertamanya di Stuttgart pekan lalu.

Fognini akan menghadapi unggulan ketiga petenis asal Spanyol Nicolas Almagro yang mengalahkan unggulan kelima Juan Monaco dari Argentina 4-6, 6-0, 6-3 di bawah waktu dua jam. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.