Sukses

Skandal Skor, Kiper Torino Diskors Tiga Tahun Lebih

Kiper Torino, Jean Francois Gillet, dilarang bermain tiga tahun tujuh bulan karena terlibat praktik pengaturan hasil pertandingan.

Skandal skor atau praktik pengaturan hasil pertandingan kembali terbongkar dalam kancah sepakbola Italia. Kali ini, praktik haram itu diketahui melibatkan setidaknya 20 pemain.

Dari keduapuluh pemain tersebut, setidaknya ada tiga pemain yang mendapatkan hukuman berat. Massimo Ganci dan Cosimo D'Angelo harus menerima hukuman larangan bermain selama empat tahun, sementara Gianluca Galasso dan kiper Torino, Jean Francois Gillet, mendapat hukuman tiga tahun dan tujuh bulan.

Gillet mendapat hukuman itu setelah ketahuan membantu praktik pengaturan pertandingan ketika dirinya masih membela Bari di musim 2008-2009. Gillet membantu praktik pengaturan pertandingan di laga Bari dan Treviso yang berakhir dengan skor 0-1 pada Mei 2008, dan laga Salernitana kontra Bari setahun kemudian.

Selain itu, Raffaele Bianco, Simone Bonomi, Francesco Caputo, Daniele De Vezze, Luca Fusco, Stefano Guberti, Vitali Kutuzov, Alessandro Parisi, Ivan Rajcic dan Vincenzo Santoruvo mendapat hukuman larangan bermain selama tiga tahun dan enam bulan.

Sedangkan Nicola Belmonte, Massimo Bonanni, Corrado Colombo, Mariano Martin Donda, Santiago Ladino dan Vitangelo Spadavecchia menerima hukuman enam bulan larangan bermain.

Bukan hanya pemain yang mendapat hukuman, Bari pun harus rela menerima hukuman pengurangan poin di kompetisi musim 2013-2014 nanti.(FI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.