Sukses

Akil Mochtar Sayangkan Panjat Tebing Tak Ada di SEA Games Myanmar

Padahal atlet-atlet FPTI juga berprestasi di ajang Kejuaraan Asia (Asian Championship) yang diadakan di Iran, Juni lalu.

Panjat tebing atau istilah asingnya disebut "rock climbing" adalah salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas. Olahraga ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan mendaki gunung, namun dilakukannya harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya.

Sejauh ini, di Indonesia olah raga panjat tebing memang bisa dikatakan masih kurang memasyarakat. Penggemar olah raga ini hanya berasal dari kalangan tertentu saja. Kondisi ini diakui Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Akil Mochtar. Padahal, menurut dia, olahraga panjat tebing sangat bermanfaat untuk pembinaan generasi muda. "Secara tidak langsung mereka akan mendapat gemblengan baik fisik maupun mental," kata Akil, Kamis (27/6/2013).

Menurut Akil, masyarakat juga sebetulnya harus tahu bahwa prestasi panjat tebing Indonesia cukup membanggakan. "Ini pun berkat pembinaan atlet-atlet sejak usia muda," ujarnya.

Sampai saat ini FPTI sudah menjadi induk cabang olahraga yang berprestasi. Pada ajang SEA Games XXVI tahun 2011 di Palembang, cabang panjat tebing berhasil menyumbang 9 emas dari 10 medali yang disediakan. "Sayangnya pada SEA Games tahun ini di Myanmar, cabang panjat tebing tidak bisa dipertandingkan," kata Akil.

Selain di tingkat Asia Tenggara, atlet-atlet FPTI juga berprestasi di ajang Kejuaraan Asia (Asian Championship) yang diadakan di Iran, Juni lalu. Atlet Indonesia sukses menyabet satu perak dan satu perunggu. "Indonesia tahun depan akan menjadi tuan rumah kejuaraan ini. Rencananya akan digelar di Nusa Tenggara Barat," terang Akil.

Prestasi lain yang cukup membanggakan juga diraih di kejuaraan tingkat dunia di World Extreme Games. Dalam turnamen yang digelar di Shanghai, Indonesia mendapat satu perak dan satu perunggu.

Pada bagian lain, Akil sempat menyebutkan sejumlah agenda-agenda yang akan diikuti FPTI tahun ini. Bulan Agustus mendatang, FPTI akan mengirim atlet Rindi Sufriyanto mengikuti kejuaraan dunia di Cali, Kolombia. Juara Asian Championship 2012 ini akan mengikuti lomba di kategori speed man.

"Setelah itu, FPTI akan mengadakan jambore tebing alam nasional di Citatah, Jawa Barat, kejuarnas senior di Palembang, serta kejuaraan junior Asia pada bulan Desember," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.