Sukses

Enam Anggota Exco PSSI Dihukum 10 Tahun

Komdis menghukum enam anggota Exco aktif di sepakbola nasional selama sepuluh tahun. Sihar Sitorus dan kawan-kawan diberikan kesempatan mengajukan banding hingga 14 hari mendatang.

Enam anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI dijatuhi larangan aktif di sepakbola nasional selama sepuluh tahun. Keenam anggota Exco yang dihukum itu, adalah Wakil Ketua Umum PSSI Farid Rahman, Sihar Sitorus, Bob Hippy, Mawardi Nurdin, Widodo Santoso, dan Tuty Dau.

Mereka diganjar sanksi karena melakukan aksi walk-out saat berlangsungnya Kongres Luar Biasa (KLB) pada 17 Maret lalu. "Kami mempersilakan mereka untuk mengajukan banding selambat-lambatnya 14 hari setelah keputusan diberlakukan," kata Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Hinca Panjaitan, Senin (6/5/13)

Hinca mengungkapkan, keputusan itu merupakan lanjutan dari putusan sela dari rapat Komdis sebelumnya. Melakukan aksi walk-out saat KLB menjadi salah satu pertimbangan Komdis dalam mengeluarkan keputusan.

Menurut Hinca, keputusan Komdis ini akan dibawa ke Kongres Tahunan PSSI pada 15 Juni di Surabaya. Kongres tersebut nantinya bakal memperkuat keputusan yang telah dikeluarkan Komdis.

"Menindaklanjuti hasil rapat Komdis yang mengeluarkan keputusan sela berupa skorsing selama 30 hari, kami kemudian bekerja keras, dan mengkonfirmasi sejumlah pihak, termasuk Ketua Umum PSSI [Djohar Arifin Husein] dan sekjen PSSI [Hadiyandra]," ujar Hinca.

"Kami telah melakukan beberapa kali rapat, sehingga memutuskan mereka dipecat dari jabatannya, dan dihukum sepuluh tahun dilarang berkecimpung di sepakbola yang bernaung di PSSI," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.