Sukses

Kejuaraan Dunia MMA 2024 di Indonesia, Persiapan Dimulai dengan Jaring Atlet Muda Lewat Kejurnas

Kejurnas MMA U-18 Piala Pertacami 2024 jadi ajang menjaring atlet untuk disiapkan menghadapi Kejuaraan Dunia MMA yang akan diadakan Desember 2024 di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Besar Persatuan Tarung Campuran Indonesia (PB Pertacami) sudah mulai mempersiapkan segala hal menghadapi Kejuaraan Dunia MMA (GAMMA World MMA Championship 2024) di Indonesia pada Desember nanti. Salah satunya dengan menyiapkan atlet yang akan tampil. Pertacami menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) MMA U-18 Piala Pertacami 2024 edisi pertama pada 10-11 Mei 2024.

Kejurnas yang memperebutkan Piala Pertacami 2024 ini digelar di Golden Boutique Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat. Event ini diikuti 112 atlet dari 34 klub yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dengan rincian 88 atlet putra dan 24 putri.

Pada kejurnas kali ini, ada kategori putra dan putri yang masing-masing terbagi ke dalam empat nomor pertandingan, pra taruna (usia 10-11 tahun), taruna (12-13 tahun), remaja (14-15 tahun), dan remaja (16-17 tahun).

"Tujuan event ini adalah kami ingin mencari bibit-bibit petarung MA terbaik untuk kami persiapan di Kejuaraan Asia dan puncaknya Kejuaraan Dunia pada Desember 2024. Kami laksanakan ini karena kami ingin atlet yang juara akan kami masukkan pelatnas untuk untuk kejuaraan Asia di Kazakhstan kemungkinan pada Agustus dan kemudian Kejuaraan Dunia," ujar ketua panitia Peter Taslim.

Piala Pertacami 2024 diharapkan menjadi tonggak sejarah dalam pengembangan olahraga seni bela diri campuran amatir di Indonesia. Ketua Umum PB. Pertacami, Tommy Paulus Hermawan, mengatakan bahwa pihaknya sangat berkomitmen melahirkan talenta berkat yang akan mengharumkan nama Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Anggota KOI

"Kejuaraan Nasional MMA U-18 Piala Pertacami I Tahun 2024 ini juga menjadi wadah bagi PB. Pertacami untuk memperkuat komitmen sebagai anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Sebagai satu-satunya induk organisasi bela diri campuran (MMA) yang diakui oleh dan merupakan anggota KOl, PB. Pertacami berkomitmen untuk mengangkat martabat olahraga bela diri campuran di tingkat nasional dan internasional ," kata Tommy Paulus Hermawan, Jumat (10/5/2024).

"Kejuaraan Nasional Piala Pertacami 1 Jakarta 2024 - U18 Junior ini merupakan bagian dari perjalanan panjang menuju pembuktian potensi atlet junior Indonesia di tingkat Olimpiade."

 

3 dari 3 halaman

Latar Belakang Terpilih Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia

Mengenai Kejuaraan Dunia MMA di Indonesia pada Desember 2024, Indoensia mengajukan diri setelah melihat ajang serupa di Thailand tahun lalu. Saat itu Indonesia merebut satu emas dan satu perak.

"Saat kejuaraan dunia di Thailand tahun lalu saya ditanya sama MC/moderator. Saya bilang kami bisa lebih hebat dan lebih besar dari ini. Saat pulang kami langsung bilang ke pembina dan dia sangat setuju. Kami langsung lakukan lobby dan hasilnya kita dipilih dari yang seharusnya di China," tutur Peter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.