Sukses

Sempat Dilirik Manchester United, Julian Nagelsmann Malah Jalin Komunikasi dengan Klub Rival

Julian Nagelsmann kabarnya tengah menjalin komunikasi dengan sejumlah klub. Liverpool dan Barcelona pun diisyaratkan ikut terlibat, dengan sang juru taktik sebelumnya sempat dilirik oleh Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Jerman Julian Nagelsmann berpotensi membuat Manchester United patah hati musim panas mendatang. Setelah namanya sempat masuk dalam bursa calon manajer baru Setan Merah, juru taktik berusia 36 tahun ini malah diisyaratkan tengah menjalin kontak dengan sejumlah klub lain, termasuk musuh abadi MU yakni Liverpool.

Seperti diketahui, MU memang santer dikabarkan sedang berburu kandidat untuk menduduki kursi panas Old Trafford musim depan. Kinerja Erik ten Hag yang kurang memuaskan menjadi penyebab Sir Jim Ratcliffe berpotensi memboyong nama baru guna melatih Bruno Fernandes dan kawan-kawan.

Adapun Ten Hag sebenarnya tampil gemilang sepanjang musim debutnya bersama Manchester United. Dia mampu mengakhiri paceklik trofi lewat gelar Carabao Cup serta mengantar MU finis di peringkat 3 klasemen akhir Liga Inggris 2022/2023.

Malang, eks juru taktik Ajax Amsterdam seolah kehilangan bahan bakar memasuki musim kedua bersama Setan Merah. Ten Hag gagal mengantar anak-anak asuhnya tembus ke fase knock-out Liga Champions dan terancam tak bisa merebut tiket kompetisi serupa musim depan lantaran terkunci di urutan 7 tabel sementara Premier League.

Sejumlah nama pun sudah dikaitkan dengan jabatan pelatih baru MU jelang akhir musim 2023/2024. Graham Potter, Roberto De Zerbi, dan Thomas Tuchel masuk daftar kandidat. Sementara itu, pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate dan juru taktik Jerman Julian Nagelsmann juga ikut dilirik oleh Setan Merah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikaitkan dengan Liverpool dan Barcelona

Nama terakhir berpotensi sulit diangkut oleh Manchester United. Laporan sebelumnya mengungkap Setan Merah memang mulai memangkas Nagelsmann dari daftar calon pelatih baru potensial lantaran dia masih disibukkan dengan persiapan Timnas Jerman menuju kompetisi Eropa.

Belakangan terungkap ada alasan tambahan yang membuat MU makin tak punya peluang menjadikan Nagelsmann sebagai suksesor Erik ten Hag. Laporan Football Transfers menyebut pihak Nagelsmann sudah mengadakan pembicaraan bersama beberapa klub, dengan tim rival Liverpool serta Barcelona diisyaratkan turut terlibat dalam prosesnya.

Sekadar informasi, The Reds dan Blaugrana juga tengah wara-wiri mencari kandidat pelatih baru musim depan. Jurgen Klopp mengumumkan niatnya untuk hengkang dari Anfield pada pengujung kampanye 2023/2024, sedangkan Xavi mengambil langkah serupa di Barcelona.

Nama Nagelsmann pun tak ayal dimasukkan ke bursa calon pelatih baru kedua klub. Juru taktik Jerman dianggap sebagai salah satu kandidat papan atas, meski dia masih mengemban tanggung jawab penting mengantar Die Mannschaft tampil di Euro pertengahan tahun ini.

3 dari 3 halaman

Diskusi dengan Sejumlah Klub

Perwakilan Julian Nagelsmann sendiri telah mengonfirmasi kliennya memang menjalin komunikasi dengan lebih dari satu klub peminat. Mantan timnya Bayern Munchen turut terlibat. Sementara itu, keputusan terkait klub pilihan Nagelsmann akan diambil dalam kurun waktu 5-7 hari mendatang.

"Saat ini, semua orang menanyakan pertanyaan yang sama: apakah Nagelsmann akan balik ke Bayern atau apakah yang bakal dia lakukan? Hal ini baru akan diputuskan dalam beberapa hari ke depan. Sekitar 5-7 hari mendatang," ucap agen Nagelsmann Volker Struth, dilansir dari Football Transfers.

"Akan sangat tidak masuk akal jika kami mengatakan pihak tidak berdiskusi para tim peminat mana pun, tanpa perlu saya ungkapkan siapa pihak-pihak yang berminat itu. Saya hanya bisa menyatakan, (klub yang mendekati Nagelsmann) bukan hanya Bayern Munchen. Itu normal."

"Tentu saja kami masih berdiskusi sekarang. Hal ini juga sudah diumumkan sendiri oleh Julian bahwa dia kemungkinan bakal membuat keputusan soal masa depannya di bulan April," tandas Struth.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Julian Nagelsmann

  • Berita Bola