Sukses

Kejutan, Rizky Juniansyah Rebut Tiket Olimpiade 2024 Usai Singkirkan Rahmat Erwin

Rizky Juniansyah berjaya di Piala Dunia Angkat Besi sehingga sukses mengamankan tiket ke Olimpiade 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Lifter Indonesia Rizky Juniansyah membuat kejutan pada Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 yang berlangsung di Phuket, Thailand, Kamis (4/4/2024) malam. Rizky mampu meraih 2 medali emas dan 1 perak kelas 73 kg sehingga meraih tiket berlaga di Olimpiade 2024.

Keberhasilan ini cukup mengejutkan. Rizku mampu menyingkirkan atlet angkat besi Indonesia lainnya Rahmat Erwin Abdullah yang sebenarnya lebih diunggulkan lolos ke Paris. Rahmat Erwin Abdullah yang harus puas dengan meraih 1 perak dan 2 perunggu pada event seleksi menuju pesta olahraga akbar empat tahunan dunia tersebut.

Rizky yang tidak diunggulkan meraih 2 medali emas dari Angkatan Clean and Jerk 203kg dan total angkatan 365kg serta 1 perak dari angkatan Snatch 164kg. Medali emas direbut lifter China, Shi Ziyong dengan angkatan Snatch 165kg dan medali perak total angkatan 356kg sedangkan angkatan Clean and Jerk 196kg hanya menempati peringkat kelima.

Sementara Rahmat Erwin Abdullah hanya meraih 1 perak dari Angkatan Clean and Jerk 206kg dan 2 perunggu dari angkatan Snatch 16kg dan total angkatan 355kg.

Sayangnya Indonesia tak bisa meloloskan dua lifter sekaligus meski Rizky dan Rahmat berjaya. Sesuai aturan di setiap kelas hanya boleh ada satu perwakilan setiap negara.

“Rizky Juniansyah hampir dipastikan merebut tiket ke Olimpiade 2024 karena secara aturan dia yang terbaik di IWF World Cup 2024. Sayang, aturan IWF hanya memperkenankan 1 atlet setiap negara tampil di setiap kelas. Rizky dan Rahmat merupakan mutiara di angkat besi Indonesia dan punya peluang mempersembahkan medali emas dan perak di Olimpiade 2024,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Hadi Wihardja kepada wartawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rahmat Ikhlas Gagal ke Olimpiade 2024

Sementara itu ayah sekaligus pelatih Rahmat, Erwin Abdullah yang dihubungi secara terpisah, mengakui tidak mempermasalahkan Rizky Juniansyah yang lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

“Dalam dunia olahraga kalah menang itu hal biasa. Kita ikhlas dan tawakal. Yang penting, Indonesia punya wakil di kelas 73kg pada Olimpiade 2024 Paris,” kata Erwin Abdullah saat dimintai komentarnya.

3 dari 3 halaman

Atlet Indonesia di Olimpiade 2024

Lolosnya Rizky membuat Indonesia sudah memiliki sembilan wakil di Olimpiade 2024. Di angkat besi Rizky mengikuti jejak Eko Yuli Irawan yang sudah lebih dulu memastikan diri lolos.

Tujuh atlet Indonesia lain yang lolos ke Olimpiade 2024 adalah Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Rio Waida (selancar).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini