Sukses

Peserta Proliga 2024 Wajib Setor 7 Nama Pemain pada 1 April

Peserta Proliga 2024 diminta mendaftarkan pemain minimal sebanyak tujuh orang maksimal pada 1 April. Syarat ini diberlakukan untuk pendataan kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta - Peserta Proliga 2024 diminta mendaftarkan pemain minimal sebanyak tujuh orang maksimal pada 1 April. Syarat ini diberlakukan untuk pendataan kompetisi.

Pada keterangan resmi PP PBVSI, kontestan harus menunaikan kewajiban sebelum kompetisi bergulir 25 April mendatang. Nantinya setiap tim masing-masing dapat mengandalkan 15 pemain, dengan dua slot pemain asing.

"Tujuh pemain yang didaftarkan di awal ini tidak bisa diganti. Bisa saja diganti maksimal tiga pemain, tapi sudah tidak bisa lagi mengganti sampai akhir kompetisi Proliga tahun ini," kata Wakil Direktur Proliga Reginald Nelwan pada rilis yang diterima Liputan6.com.

Reginald Nelwan, yang juga menjabat Ketua Bidang Pertandingan dan Kompetisi PP PBVSI menambahkan, kontestan Proliga 2024 sudah menyepakati saat mengikuti rapat teknis.

Berdasar pertemuan tersebut, peserta Proliga 2024 juga diberi kesempatan untuk mengganti dua pemain domestik dan satu pemain asing menjelang putaran kedua babak reguler di Gresik.

"Bisa tiga pemain domestik diganti selama pemain asingnya tidak ada penggantian," ujar Regi, sapaan akrabnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peserta Proliga 2024

Kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia musim 2024 bergulir 25 April hingga 21 Juli di sembilan kota besar Tanah Air. Jakarta LavAni Allo Bank, Jakarta Garuda Jaya, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta BIN, Jakarta Pertamina Enduro, Palembang Bank SumselBabel, dan Kudus Sukun Badak akan meramaikan persaingan di kategori putra.

Sedangkan kategori putri diikuti juara bertahan Bandung Bank bjb Tandamata, Jakarta Pertamina Fastron, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta BIN, Jakarta Elektric PLN, dan pendatang baru Jakarta Livin Mandiri.

Ada peserta baru di putra yakni Garuda Jaya. Tim ini bermaterikan pemain-pemain yang berusia 19 tahun ke bawah. Menurut Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP PBVSI Loudry Maspaitella, hal ini sekaligus untuk mempersiapkan tim menuju Kejuaraan Asia di bawah usia 20 tahun yang dijadwalkan berlangsung di Surabaya, 23-30 Juli 2024 mendatang.

"Kita sudah tidak punya waktu lagi untuk melakukan Pelatnas menghadapi Kejuaraan Asia itu," kata Loudry yang diberi tugas menyiapkan tim Jakarta Garuda Jaya.

Menurutnya, persiapan tim U-20 itu dilakukan dengan mengikuti kompetisi sekelas Proliga. "Materi pemain kita ambil dari kejuaraan junior tahun lalu di Sentul. Usia mereka kan rata-rata 19 tahun ke bawah," tambah mantan pemain timnas ini.

Lebih lanjut, Loudry mengungkapkan akan menggunakan pemain asing asal Thailand dalam Garuda Jaya. Sedangkan tim ditangani pelatih dari Brasil yang merupakan bantuan dari FIVB.

3 dari 3 halaman

Jadwal Proliga 2024

GOR Amongrogo di Yogyakarta bakal menggelar putaran pertama Proliga 2024 pada 25-28 April. Turnamen kemudian mengunjungi Semarang, Palembang, Pontianak, Bandung, Gresik, dan Surabaya untuk menutup persaingan reguler. 

Kompetisi selanjutnya berlanjut ke Kediri dan Solo dengan Yogyakarta melangsungkan Grand Final.

Berikut jadwal lengkap Proliga 2024:

 Putaran  Waktu  Lokasi  Tuan Rumah
 1   25-28 April  GOR Amongrogo - Yogyakarta  Jakarta Lavani Allo Bank
 2   2-5 Mei  GOR Jatidiri - Semarang   Jakarta Elektrik PLN
 3  9-12 Mei  Gedung PSCC - Palembang  Palembang Bank Sumselbabel
 4  16-19 Mei  GOR Tri Dharma - Gresik   Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia 
 5  6-9 Juni  GOR Indoor Jalakharupat - Kab Bandung  Bandung BJB Tandamata
 6  13-16 Juni  GOR Ken Arok - Malang  Jakarta Pertamina
 7  20-23 Juni  GOR Pangsuma - Pontianak  Jakarta Bhayangkara
 Final Four 1  4-7 Juli  GOR Jayabaya - Kediri  
 Final Four 2  11-14 Jul  GOR Sritex Arena - Solo  
 Grand Final  20-21 Juli  GOR Amongrogo - Yogyakarta  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini