Sukses

6 Penyumbang Gelar Terbanyak Manchester United, Berkat Tangan Dingin Sir Alex Ferguson

Ada satu sosok penting dalam sejarah Manchester United. Dia tidak lain Sir Alex Ferguson yang menangani tim dalam beberapa dekade.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United merupakan salah satu klub tersukses dari Inggris. Setan Merah sudah memenangkan berbagai trofi, baik di level domestik, regional, hingga internasional.

Prestasi tersebut tentu tidak diraih begitu saja. Setiap individu yang terlibat di dalam MU memainkan peran masing-masing. Termasuk para pelatih yang memilih tim hingga mengatur strategi.

Ada satu sosok penting dalam perjalanan Setan Merah. Dia tidak lain Sir Alex Ferguson yang menangani tim dalam beberapa dekade. 

Bersama sosok berkebangsaan Skotlandia tersebut, Manchester United menorehkan periode keemasan sepanjang sejarah klub.

Sentuhan tangan dingin Ferguson pun berdampak manis bagi para anak asuhnya. Mereka menjadi pemain dengan koleksi gelar terbanyak di MU.

Berikut daftar enam pemain dengan raihan trofi terbanyak bagi klub berbasis Old Trafford tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angkatan 1992 Manchester United

1. Ryan Giggs

Periode sukses MU terjadi pada era kepelatihan Sir Alex Ferguson yang mengandalkan lulusan akademi klub. Ryan Giggs merupakan salah satunya.

Muncul di tim utama pada 1991, Giggs total merebut 35 gelar bersama Setan Merah. Sebanyak 13 di antaranya adalah titel Liga Inggris plus dua Liga Champions.

2. Paul Scholes

Lulusan akademi MU bertabur prestasi lainnya adalah Paul Scholes. Dia menjadi juara 25 kali bersama Setan Merah.

Lulusan akademi MU bertabur prestasi lainnya adalah Paul Scholes. Dia menjadi juara 25 kali bersama Setan Merah.

3. Gary Neville

Gary Neville melengkapi trio lulusan akademi yang menguasai tiga besar daftar pemain tersukses MU. Neville merebut 21 gelar bagi MU.

Jumlah trofinya berada di bawah Giggs dan Scholes karena durasi merumput. Berkutat dengan cedera, Neville harus lebih cepat gantung sepatu ketimbang koleganya. Dia pensiun dari sepak bola tahun 2011.

3 dari 3 halaman

Anomali Michael Carrick di Manchester United

4. Denis Irwin

Selanjutnya ada sosok asal Republik Irlandia Denis Irwin. Berkarier di Old Trafford pada periode 1990-2002, dia tercatat merebut 18 gelar.

Irwin merupakan bek kiri solid di pertahanan. Dia juga piawai mengeksekusi bola mati dan kerap menyumbang gol.

5. Roy Keane

Roy Keane menempati urutan selanjutnya dengan 17 gelar. Dialah yang memimpin lulusan akademi MU di lapangan.

Meneruskan jabatan kapten dari penyerang flamboyan Eric Cantona, Keane merupakan gelandang tanpa kompromi. Jangan ragukan komitmennya dalam memacu semangat rekan setim.

Keane bahkan sampai bersitegang dengan Ferguson sampai akhirnya ditendang keluar karena mengkritik Cristiano Ronaldo.

6. Michael Carrick

Michael Carrick jadi satu-satunya nama di lima besar daftar pemain tersukses MU yang bukan bagian tim treble winners 1999. Seperti Keane, dia merebut 17 trofi bersama Setan merah.

Berlabuh di Old Trafford pada 2006, Carrick direkrut untuk menggantikan Keane.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini