Sukses

Real Count KPU: 3 Legenda Bulu Tangkis Berebut Kursi DPR, Taufik Hidayat Kemungkinan Lolos

Dari tiga legenda bulu tangkis yang ikut jadi Caleg DPR, Taufik Hidayat berpeluang lolos pada percobaan pertamanya.

Liputan6.com, Jakarta- Pemilu 2024 turut diikuti beberapa legenda bulu tangkis yang terjun menjadi caleg. Ada tiga mantan juara badminton yang tercatat berebut kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024/2029.

Menurut catatan Liputan6.com, tiga legenda bulu tangkis yang terjun menjadi caleg adalah Taufik Hidayat, Hariyanto Arbi dan Icuk Sugiarto. Nama pertama baru debut di Pemilu 2024. Sedangkan dua lainnya sudah pernah ikutan di 2019.

Dari Real Count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Minggu (18/2/2024) malam WIB, Taufik Hidayat justru berpeluang lolos ke Senayan pada percobaan pertamanya. Sedangkan Icuk dan Arbi kemungkinan akan gagal lagi.

Taufik Hidayat bertarung di Dapil Jawa Barat II yang mencakup Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Disana Taufik harus bersaing dengan politikus yang kawakan dan sudah berpengalaman hingga para artis. Mulai dari Cucun Ahmad Syamsurijal, Dede Yusuf, Rachel Maryam, TB Ace Hasan, Ahmad Heryawan, Lita Zein, Hengki Kurniawan hingga Denny Cagur.

Hingga data Real Count KPU masuk 33.69 persen, Taufik Hidayat sangat mungkin tembus ke DPR. Suami Ami Gumelar itu sudah meraup 16.258 suara. Taufik berada di urutan ketujuh untuk peraih suara terbanyak di Dapil Jabar II. Untuk diketahui Dapil Jabar II menyediakan 10 kursi DPR.

Taufik maju dari partai Gerindra. Di internal partainya, Taufik hanya kalah dari Rachel Maryam. Mantan artis ini kebetulan sudah pernah lolos ke DPR di tahun 2019. Rachel sendiri memang merupakan caleg urutan pertama Gerindra, sedangkan Taufik di urutan dua saat pencoblosan 14 Februari 2024 lalu

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasib Hariyanto Arbi Bersama PSI

Sementara itu Hariyanto Arbi yang bernaung di PSI pindah dapil di Pemilut 2024. Kali ini dia bersaing di DKI Jakarta III yang dikenal sebagai Dapil Neraka karena banyak bercokol nama besar dan politisi senior.

Sayangnya Hariyanto Arbi gagal meraup suara yang banyak di DKI III yang meliput Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu. Dia baru mendapat 4.360 suara dari hasil Real Count KPU yang sudah mencapai 45.99 persen pada Minggu (18/2/2024).

Dengan suara cuma empat ribuan hampir pasti Hariyanto Arbi tidak akan bisa melaju ke DPR. Di Dapil DKI III ini terdapat delapan kursi. Hariyanto Arbi tak masuk 10 besar sementara. Dia sudah tertinggal jauh dari caleg lain seperti Erwin Aksa, Charles Honoris, Adang Daradjatun, Zaki Iskandar, Ahmad Sahroni hingga Pasha Ungu.

Bahkan di partainya sendiri PSI, Hariyanto Arbi terpaut jauh dari dua mantan news anchor Grace Natalie Louisa dan Cheryl Tanzil. Grace saat ini meraup suara terbanyak secara keseluruhan di Dapil DKI III dengan 38.132 suara.

Grace sendiri meski meraup suara terbanyak bisa gagal ke DPR jika partainya PSI tidak mampu mencapai batas Parliamentary Threshold sebesar empat persen. Saat ini menurut Quick Count, PSI cuma mendapat 3 persen suara nasional.

3 dari 3 halaman

Icuk Sugiarto Kalah dari Uya Kuya

Adapun Icuk Sugiarto bertarung di Dapil DKI II bersama partai Hanura. Icuk sejauh ini sudah meraup 102.527 hingga penghitungan Real Count KPU mencapai 49,49 persen.

Di Dapil DKI II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri menyediakan tujuh kursi. Persaingannya begitu sengit karena banyak politisi senior yang berebut kursi. Meski sudah mendapat ratusan ribu suara, Icuk tak masuk tujuh besar di DKI II.

Icuk tertinggal jauh dari Hidayat Nur Wahid, Christian Aryani, Ade Armando, Masinton Pasaribu, Adhyaksa Dault, Triwisaksana, Ahmad Effendy Choirie hingga artis Uya Kuya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.